Event

Fox Sports Siap Rekam Kedahsyatan MXGP 2017 di Pangkal Pinang

Written by Binsar Marulitua

Kesiniaja.com  – Bali yang akan dijadikan destinasi liburan Raja Salman memang menawan. Tapi Pangkal Pinang yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia MXGP, 4-5 Maret 2017 tak kalah wow-nya. Media-media internasional seperti Fox Sports diyakini bakal ikut mengeksplor keindahan wilayah pesisir  lantaran banyak spot berpanorama keren di Bangka Belitung.

“Bangka Belitung tak hanya Tanjung Kelayangnya saja yang keren. Panorama pantai lainnya juga bagus-bagus. Saya yakin crosser dan penonton akan betah di Pangkal Pinang,” ucap Deputi Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti, Selasa (28/2).

Lokasi MXGP di Pasir Padi memang dikelilingi pemandangan yang aduhai. Pantai yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan itu ombaknya sangat tenang. Sangat nyaman untuk berenang dan snorkling. Hamparan pantainya juga luas, kadang sampai 300 meter.

Seperti kebanyakan pantai lain yang menawan di seantero Pulau Bangka, Panorama Pasir Padi dijamin akan membuat pengunjung berdecak kagum. Di bagian selatan pantai ini ada Pantai Tanjung Bunga. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati pesona pantai ini tidak perlu takut kesasar karena rambu penunjuk arah ke obyek wisata sudah terpasang di beberapa tempat.

Tidak jauh dari pintu masuk pantai terdapat restaurant seafood yang terkenal. Ada juga hotel berbintang dua, dan sejumlah warung makanan dan minum. Di pantai ini bahkan sudah tersedia tempat hiburan karaoke dan diskotek yang terletak persis di pinggir pantainya.

Tidak hanya itu, dari Pasir Padi ini Anda juga bisa menyewa kapal kecil untuk berlayar menikmati keindahan dua pulau kecil; Pulau Panjang dan Pulau Semajun. Kedua pulau tersebut hanya berjarak dua mil dari bibir pantai. Pulau Panjang dihuni oleh beberapa keluarga nelayan.

Bagi Anda yang belum sempat menikmati makanan seafood di restaurant Pasir Padi, Anda tak perlu khawatir. Karena di pulau kecil ini Anda juga bisa menikmati masakan makanan laut, dari ikan-ikan segar, kepiting, dan sebagainya. “Jakarknya hanya 25 menit dari Palembang, 40 menitan dari Batam, dan 50 menitan dari Jakarta via udara. Kalau Kalau dengan kapal laut, sekitar 24 jam dari Tanjung Priok Jakarta, atau 4 jam dari Bom Baru, Pelambang atau Tanjung Siapi Api. Silakan datang ke Pangkal Pinang. Ada banyak destinasi yang bisa dieksplorasi di sana,” ungkap Esthy.

Keindahan alam Pangkal Pinang tadi diyakini tak akan dilewatkan dari bidikan media-media internasional. Selain fokus pada gelaran MXGP 2017, kesempatan ini  kemungkinan besar akan dimanfaatkan media-media semacam Fox Sports, yang menjadi partner resmi MXGP 2017, untuk mengeksplorasi keindahan wilayah pesisir Bangka Belitung.

“Karakteristik Sirkuit Pasir Padi itu mirip sekali dengan Swiss. Pasir, pantai, dengan balutan panorama indah, kumpul semua jadi satu. Biasanya, Fox Sports ikut mengulas juga keindahan-keindahan alam sekitar sirkuit,” timpal Ketua IMI DKI Jakarta, A.Yudiarto, yang juga Direktur Event Organizer Lightning Production, salah satu EO lokal MXGP.

Tak hanya panorama pantainya saja yang keren, fasilitas pendukung perlombaan, disebut-sebut lebih baik dari Swiss. Panjang lintasannya dibuat 1.500-1.600 meter persegi, dengan minimal 16 rintangan, dan lebar start adalah 48 meter. Di sirkuit itu juga akan menampung 100 ribu penonton, yang terbagi dalam kelas festival, superfestival, VIP, dan VVIP.
Tak cukup sampai di sana, sirkuit yang disebut-sebut mirip dengan sirkuit di Swiss ini akan menjadi yang pertama keberadaan paddocknya di dalam Stadion Sahabudin.
“Swiss itu dekat pantai, kita juga. Panorama Swiss bagus, kita malah jauh lebih bagus. Kelebihan kita, ada stadion yang dijadikan paddock. Ini luar biasa kareana baru kali ini penyelenggaraan MXGP paddock ada di dalam gedung stadion Hasannuddin. Kelebihan lain, satu kilometer dari airport,” ungkap pria berwajah oriental itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, ikut menyambut positif kejuaraan dunia MXGP 2017 yang akan digelar di Bangka Belitung, 4-5 Maret 2017. Dia mengaku optimistis event berskala internasional tersebut mampu mendongkrak sektor pariwisata Bangka Belitung.,

“Kegiatan ini akan membawa dampak langsung pada ekonomi masyarakat serta mempunyai nilai yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi yang efektif. Ini juga akan menjadi showcase sempurna untuk mempromosikan Wonderful Indonesia karena ditonton lebih dari 1,42 miliar penonton televisi. Momentumnya sangat pas untuk lebih memperkenalkan pariwisata Bangka Belitung ke seluruh dunia,” ucap menteri asal Banyuwangi itu.

Nah, bagi yang belum tahu, MXGP 2017 merupakan ajang motorcross yang diikuti oleh para crosser terbaik dari lebih 27 negara. Jumlah seri kejuaraanya? Ada 20 seri yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia menjadi tuan rumah seri kedua setelah pembukaan yang berlangsung di Losail, Qatar pada 25 Februari 2017.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Binsar Marulitua