Kemenpar Komunitas Terkini

Menpar Bangga Coldplay Turut Promosikan Budaya Indonesia

Written by Binsar Marulitua

Kesiniaja.com – Sebelumnya, banyak muncul foto-foto kekinian netizen Indonesia di Instagram dengan konsep video lagu Coldplay yang berjudul up and up yang bikin penikmatnya berimajinasi bebas. Menyebut grup band Coldplay memang selalu menarik . Selain nada-nada art rock yang enak didengar, grup band asal London, Inggris ini kerap menggabungkan berbagai instrumen etnik dengan kekuatan lirik yang inspiratif dan penuh makna. Penggemar Coldplay di Indonesia pun boleh berbangga karena video klip terbarunya yang berjudul “Amazing Day” dari album “A head Full of Dreams” menampilkan beberapa ikon budaya dari Tanah Air.

Ada Tari Saman dari Nangroe Aceh Darusalam, Tari Topeng dari Jawa serta beberapa wanita Indonesia berpakaian khas Bali dalam detik-detik frame video grup musik tersebut. Video “Amazing Day” sendiri digaungkan Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman dan Will Champion komparasi lirik yang menyiratkan bagaimana kedamaian bisa didapat bahkan dengan cara-cara sederhana sebagai paradoks terhadap kekacauan dunia. Bahkan, foto Tari Topeng menjadi thumbnail pada video clip tersebut.

Video yang berjudul Amazing Day sebenarnya merupakan kumpulan video pendek dari para fansnya dari seluruh dunia. Coldplay mengajak fansnya untuk ikut serta dalam pembuatan video ini dengan cara mempostingnya di Instagram dengan durasi video 20 detik dan hashtag #ColdplayAmazingDay dan menyertakan lokasi pengambilan video serta mengirimkan link ke amazingday.coldplay.comDari kumpulan video tersebut, Coldplay menyatukannya menjadi sebuah clip.

“Kami meminta penggemar untuk menunjukkan apa yang terjadi dan apa yang mereka lihat di sudut dunia untuk proyek film global “Amazing Day” kami. Sampai 19 Oktober 2016 sudah ada sekitar ribuan video yang masuk. Kini, film tersebut telah selesai dan kami memilih sebagai dari kekuatan lirik kami,” tulis Coldplay pada keterangan video yang diunggah di media sosial Facebook.

Jonny Buckland, Chris Martin, Will Champion and Guy Berryman of Coldplay perform at Royal Albert Hall on July 2, 2014 in London, England.

Penggunaan budaya Indonesia oleh Coldplay tidak hanya membawa simpati para penggemar Tanah Air, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun turut merespon positif dan berterima kasih. “Sangat Membahagiakan karena sekaligus mempromosikan kekuatan Wonderful Indonesia.  Saya berterima kasih untuk jutaan penggemar Coldplay baik di Inggris maupun mancanegara,” Ucap Arief.

Lebih lanjut Arief juga akan kooperatif jika manajemen Coldplay membutuhkan materi video dengan high definition. Terlebih jika Coldplay mau konser di Indonesia.

“Di kantor saya banyak, kalau teman-teman fans di Indonesia bisa sampaikan kepada manajemennya, ayo saya fully supported,” tambahnya.

Jika kamu penasaran dengan video clipnya, silahkan tonton video berikut:

Foto featured: official Twitter Coldplay

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Binsar Marulitua