Kuliner Kuliner Indonesia Tips

5 Resep Wajib Dimasak Saat Mendaki Gunung

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Saat mendaki gunung, kamu pastinya harus multitasking untuk melakukan hal apa pun, termasuk memasak. Biasanya para pendaki lebih menyukai memasak makanan instan seperti mie instan, nuget, dan spagethi instan. Sebenarnya pendaki membutuhkan makanan yang lebih sehat dan bergizi dibanding makanan instan tersebut. Berikut 5 resep makanan yang wajib kamu masak dan nikmati saat di gunung.

1. Ayam Bumbu ala Pendaki di Gunung

Keterbatasan yang ada di gunung jangan sampai membatasimu juga dalam kreatifitas memasak makanan lezat nan bernutrisi bagi tubuhmu sendiri dan teman-teman sependakian. Ayam bumbu ini salah satu yang bisa kamu coba loh.

Bahan: 1/4 kg ayam yang sudah dipotong-potong dan digoreng tidak terlalu kering, 2 buah tomat, dan daun seledri.

Bumbu: 4 siung bawang putih, 1 ruas jahe yang dimemarkan, daun salam, lengkuas, garam, merica, gula merah, dan kecap.

Dengan menggunakan nesting, mulailah mengolahnya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya hingga wangi. Kemudian tambahkan air secukupnya dan masukkan jahe, lengkuas, daun salam, garam, dan gula. Lalu masukkan potongan ayam yang telah digoreng tersebut dan tambahkan kecap. Tutup nesting dan tunggu hingga semua bumbu meresap dengan sempurna ke dalam ayam.

Sajikkanlah dengan potongan tomat dan daun seledri. Nikmati bersama-sama selagi hangat pastinya akan menambah kenikmatannya. Jangan lupa, ayam yang kamu bawa dari rumah haruslah ayam yang sudah digoreng , ya.

2. Capcay ala Gunung Ini Wajib Dicoba

Bagi pera pendaki gunung, menu sayur yang biasa dimasak adalah sayur sop atau pun tumis kangkung dengan bumbu instan. Kamu tidak bosan menyantap itu lagi itu lagi? Nah, kalau begitu saatnya kamu bereksperimen memasak capcay lezat ala gunung ini.

Bahan: Aneka sayuran yang kamu sukai, bakso, dan sosis. Bumbu: 1 buah bawang bombay, 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, merica bubuk, saus tiram, garam, dan kecap.

Siapkan nestingmu dan mulai memasaklah. Tumis semua bawang yang sudah diiris hingga layu, lalu masukkan sayuran yang tidak mudah layu terlebih dahulu seperti wortel dan kembang kol. Kemudian mmasukkan bakso dan sosis beserta air secukupnya. Tambahkanlah saus tiram, garam, merica dan kecap sesuai selera. Setelah dirasa cukup matang, masukkan sayuran yang mudah layu seperti daun bawang dan sawi.

Capcay hangat siap disajikan dengan nasi panas. Dijamin sayur yang satu ini selain lezat, tetapi juga bisa menambah energi dan nutrisimu dengan cukup sehat. Capcay ini bisa kamu kombinasikan dengan udang atau seafood lainnya sesuai selera.

3. Siapa Bilang di Gunung Tidak Bisa Menikmati Segarnya Soto

Cuaca gunung yang selalu dingin menyebabkan nafsu makan yang inginnya menikmati kuah segar dan hangat. Nah, menu soto merupakan jawaban yang tepat. Kamu bisa meraciknya sedemikian rupa menjadi soto yang lezat untuk dinikmati di atas gunung loh.

Bahan: 250 daging sapi yang telah direbus hingga empuk yang di simpan dalam wadah kedap. Sedangkan kuah kaldu daging dimasukkan ke dalam kemasan botol. Dan lobak yang telah direbus.

Bumbu: Merica halus, garam, 3 siung bawang putih, 3 lembar daun jeruk, 3 lembar daun salam, 1 ruas jahe, dan 1 ruas lengkuas. Sambal: Cabe merah sesuai selera, 2 siung bawang putih, dan garam secukupnya yang diulek halus.

Sekarang, mulai siapkan nesting dan panaskan kaldu daging beserta dagingnya bersamaan dengan jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, merica, dan garam. Masaklah hingga mendidih. Kemudian masukkan bawang putih yang sebelumnya telah ditumis. Sajikanlah dengan irisan daun bawang dan lobak yang telah direbus. Nikmatilah selagi hangat.

4. Beef Macaroni Soup Sederhana Rasa Café

Siapa bilang menikmati beef macaroni soup hanya bisa di café-café? Kamu juga bisa menikmati dan membuatnya sendiri loh saat camping di gunung. Sosis dan kornet merupakan bahan utama yang pastinya harus kamu bawa. Jika biasanya kornet kalengan hanya kamu buat orak-arik atau campuran mie instan, kini bisa disulap menjadi mewah.

Bahan: Kornet kalengan, makaroni, 2 siung bawang putih, saus cabai, kecap, tomat, dan penyedap rasa.

Panaskan nestingmu dan didihkan air secukupnya. Rebuslah makaroni hingga mengembang dan tiriskan. Dengan menggunakan air yang sama, rebuslah tomat dan hancurkan di dalam mangkuk. Masukkan makaroni, tomat, bawang, kornet, saus cabai, dan kecap ke dalam air yang telah mendidih serta tambahkan sedikit penyedap. Beef Macaroni Soup siap disantap dengan mewah.

5. Buat Desert Seru di Gunung, Pancake Jawabannya

Terigu yang merupakan salah satu sumber kalori pastinya perlu kamu bawa saat berkemah. Setelah menu-menu berat di atas, sekarang saatnya membuat camilan seru yang lezat dan bernutrisi tinggi.

Bahan: 200 gram tepung terigu, 3 sdm gula pasir, 2 sdt baking powder, 1 sdt garam, 1 buah telur, 240 ml susu cair, dan 2 sdm minyak sayur. Sedangkan untuk topping: Madu dan buah (sesuai selera).

Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk dan uleni dengan membuat lubang dibagian tengah. Tuangkan kocokan telur, susu, dan minyak sayur di bagian tengah tersebut lalu aduk rata. Setelah itu, tuang satu sendok adonan pada nesting yang sebelumnya sudah dipanaskan dan diberi minyak. Jika sudah kecokelatan, pancake siap disajikan dengan guyuran madu dan potongan buah sesuai selera.

Lezat dan pastinya mudah bukan resep-resep di atas? O, iya, resep-resep ini juga bisa kamu aplikasikan saat berkemah di pantai atau pun hutan juga, loh. Berkemah kan tidak harus melulu di gunung. Selamat mencoba!

Foto featured: Good Housekeeping.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.