Kuliner Mancanegara

Berencana Wisata ke Singapura? Kalian Wajib Cicipi 4 Kuliner Unik Ini!

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Bagi orang Indonesia, berkunjung ke Singapura bukanlah hal yang sulit. Akses yang begitu mudah dan terbilang murah membuat banyak orang Indonesia berbondong-bondong pergi ke negara yang terkenal dengan patung Merlionnya ini, baik untuk sekedar berbelanja ataupun menghabiskan akhir pekan.

Selain terkenal sebagai surga belanja, di negara ini juga terdapat beberapa kuliner unik yang wajib kalian coba. Nah, bagi kalian yang sudah pernah ke Singapura, sudah pernah belum mencicipi makanan unik ini?

1. Kulit Belut Goreng

Bagi kalian penggemar kuliner yang crunchy nan gurih pasti akan suka dengan yang satu ini. Sepintas dilihat, hidangan ini mirip dengan ikan goreng. Padahal ini merupakan kulit belut yang digoreng, loh!

Kulit belut goreng yang crunchy. (foto: justasdelish.com)

Kulit belut goreng yang crunchy. (foto: justasdelish.com)

Kulit belut goreng ini biasanya dapat dijumpai di restoran China di Singapura sebagai hidangan pembuka. Uniknya, meskipun kalian mencelupnya ke dalam kaldu, hidangan ini akan tetap renyah ketika disantap. Hm, rasanya dijamin bikin nagih!

2. Fuzhou UFO

Fuzhou UFO? Terdengar seperti makanan alien, ya? Tapi tenang, ini bukan makanan para alien kok. Ini merupakan kue yang berbentuk seperti UFO. Kue yang berisi tiram, daging babi cincang, udang dan adonan ini memang dibentuk menyerupai UFO kemudian di goreng.

Camilan unik berbentuk UFO khas Singapura. (foto: justasdelish.com)

Camilan unik berbentuk UFO khas Singapura. (foto: justasdelish.com)

Cemilan unik ini bisa kalian jumpai di salah satu tokonya yang cukup terkenal di Singapura yang sudah berdiri selama 50 tahun, Maxwell Fuzhou Oyster Cake. Kue yang biasa disebut kue tiram ini akan sangat nikmat dengan tambahan saus cabai. Orang Singapura juga biasanya memesan segelas air tebu dingin sebagai minuman pelengkapnya.

3. Kacang Pool

Kuliner yang satu ini berisi cincangan daging sapi yang diberi campuran bubur kacang cincang dan dibumbui dengan rempah-rempah lokal khas Singapura. Sajian unik ini biasanya juga disebut kacang phool atau kacang fhoul. Terdapat tambahan bumbu pada kuliner yang merupakan perpaduan antara masakan Asia tenggara dan Asia Tengah ini, yakni saus yang mirip dengan saus kacang pada sate di Indonesia. Hm, sepertinya lezat ya?

Kacang Pool, kombinasi antara kacang dan daging sapi yang nikmat. (foto: justasdelish.com)

Kacang Pool, kombinasi antara kacang dan daging sapi yang nikmat. (foto: justasdelish.com)

Tak hanya itu, taburan bawang, irisan cabai hijau dan telur pun ditambahkan sebagai topping. Kuliner unik satu ini semakin segar  dengan perasan jeruk nipis di atasnya dan juga dicampur dengan kuning telur.

4. Kepala Hiu Kukus

Pernahkah kalian mencicipi kuliner dari ikan hiu? Beberapa restoran sekarang ini memang ada yang menggunakan bagian dari ikan yang terkenal ganas ini, misalnya daging dan sirip ikan hiu. Namun, apa rasanya jika kali ini kepala ikan hiu yang berbentuk cone itu dijadikan bahan utama untuk makanan?

Hidangan unik khas Singapura, Kukus Kepala Hiu. (foto: justasdelish.com)

Ternyata di Singapura ada sajian unik yang bahan utamanya adalah kepala ikan hiu. Bagian ini memang tak terlalu banyak daging, hanya gelatin dan beberapa lemak pada tulang rawan ikan hiu. Namun pelanggan tampaknya menggemari tekstur yang ditawarkan oleh kuliner ini. Kecap wijen yang manis atau saus yang lebih pedas biasanya dijadikan untuk melengkapi hidangan unik ini.

Cakar Buaya

Foto dari Camemberu.com

Foto dari Camemberu.com

Kalau biasanya orang Indonesia lebih menikmati Soto ayam bersama cekernya, di Singapura kamu bisa menikmati kelezatan yang menyeramkan yaitu Cakar Buaya. Kaki buaya lengkap dengan kulit dan cakarnya dalam sup dan mangkuk tersaji untuk kamu yang berani memesan hidangan ini. Kaki buaya yang terlihat besar, ternyata memiliki tekstur daging yang sangat halus dan lunak. Adapun manfaat dari kaki buaya dipercaya bisa memperbaiki metabolisme, vitalitas, sistem kekebalan tubuh, dan tentu saja libido. Berani coba?

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati