Kuliner Kuliner Mancanegara

Sensasi Kelezatan Makanan Halal di Taiwan

Written by Astri Erlina

Kesiniaja.com – Tak perlu ragu mengeksplorasi Taiwan. Negeri “Naga Kecil Asia” itu punya sederet makanan lezat, juga restoran-restoran halal yang bisa disambangi. Selain itu, masyarakat Taiwan juga memiliki dasar kuat dalam menerapkan gaya hidup vegetarian.

Selama dua tahun terakhir, pemerintah Taiwan juga mengembangkan fasilitas yang ramah untuk turis muslim. Berdasarkan Taiwan Tourism Bureau, Taiwan memiliki kurang lebih 62 kafe, restoran, dan hotel yang menyajikan sajian berbasis muslim friendly dan bersertifikat halal. Mudahnya mendapatkan makanan halal tersebut tentunya menjadi faktor utama yang menjadikan Taiwan sebagai tujuan wisata turis muslim.

Penasaran restoran mana saja yang berlabel halal di Taiwan? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

1. Kunming Islamic Food

Berbagai Macam Menu Yang tersaji di Kunming Islamic Food | Sumber dari www.bubbletea101.com

Berbagai Macam Menu Yang tersaji di Kunming Islamic Food | Sumber dari www.bubbletea101.com

Awalnya, Haji Yacoob Mah (40), beserta istrinya Fatima, mendirikan restoran Kunming Islamic Food  karena sulit mencari makanan halal di Taiwan. Seiring makin berkembangnya wisata halal, Kunming Islamic Food menjadi salah satu restoran halal wajib dikunjungi di Taiwan.

Restoran ini terletak tak jauh dari Stasiun MRT Nanking, tepatnya di Fuxing N Road, Zhongsang District. Buku panduan wisata yang dikeluarkan Taiwan Tourism Bureau menyebutkan bahwa restoran ini menyajikan menu-menu eksotis. Mayoritas menu makanan yang dihadirkan merupakan masakan berkuah kari yang pekat dan cenderung pedas yang merupakan cita rasa India.

Dari banyak menu yang ada di Kunming, Chicken Masala dan masakan berbahan dasar seafood atau udang selalu habis dipesan pelanggan. Beberapa hidangan populer di restoran ini antara lain, kari ayam dan kentang yang bercita rasa India, musakka (daging sapi yang dimasak dengan terung, paprika hijau, dan tomat), serta ayam tandoori.

2. Ai Jia Qingzhen Beef Noodle

Sajian Semangkuk Beef Noodles | Sumber dari www.pinterest.com

Sajian Semangkuk Beef Noodles | Sumber dari www.pinterest.com

Jika kamu ingin menyantap beef noodle yang otentik Taiwan, restoran ini adalah tempatnya. Berlokasi di No. 41, Lane 223, Sec. 4, Zhongxiao E. Rd, restoran ini buka pada hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 07.30 pagi hingga 08.20 malam. Tidak perlu ragu untuk menyantap makanan di sini, karena resto ini sudah memiliki sertifikat halal.

Sesuai namanya, menu beef noodle jadi andalan restoran ini. Saking populernya, mi daging selalu habis sebelum matahari terbenam. Hal itu karena racikan mi dagingnya masih enak seperti dulu. Di sini kamu akan dapati dua versi mi daging, yakni pedas dan tidak pedas. Selain mi daging, restoran ini juga menyajikan jing bing atau sejenis tortilla.

3. Lahore Restaurant

Sajian Menu Pakistani Feast | Sumber dari hot-foodspotting-production.s3.amazonaws.com

Sajian Menu Pakistani Feast | Sumber dari hot-foodspotting-production.s3.amazonaws.com

Lahore Restaurant merupakan kedai yang menyajikan masakan khas India dan Pakistan yang berada di No.86, LinCyuan St, LingYa District, Kaohsiung City. Selain makanan khas India dan Pakistan, resto ini juga menyediakan makanan khas Mexico, Turki, dan Western. Meskipun menunya disajikan sederhana, namun cita rasa yang diolah dengan rempah-rempah sangat menggoyang lidah ketika disantap. Restoran ini buka pada hari Selasa – Minggu, pukul 11:00-14:00 dan 16:30-20-30.

4. Tajin Moroccan Cuisine

Sajian Menu Tajin Lemon Chicken Leg Dengan Tempatnya Yang Unik | Sumber dari /s-media-cache-ak0.pinimg.com

Sajian Menu Tajin Lemon Chicken Leg Dengan Tempatnya Yang Unik | Sumber dari /s-media-cache-ak0.pinimg.com

Menyantap makanan Maroko di Taiwan tentulah menambah seru petualangan menjelajah Negeri Formosa. Restoran yang terletak di No.3, Lane 144, Sec. 2, Keelung Road ini menyajikan makanan otentik Maroko yang disebut Tajin. Hidangan berbahan dasar rempah ini terdiri dari dua bagian, yakni unit dasar yang datar dan melingkar dengan sisi rendah seperti piring dan penutup berbentuk kerucut tinggi.

Begitu penutup dibuka, uap masakan membawa aroma yang tersimpan rapat di dalam tajin menyeruak memenuhi indra penciuman. Paling nikmat menyantap Tajin dengan nasi safron dan roti pita. Jangan lupa untuk mencicipi Tajin Lemon Chicken Leg atau Tajin Beef With Plum.

Secangkir Moroccan mint tea hangat dan kurma berisi walnut serta almond yang disajikan di restoran ini mampu menghilangkan rasa lelah setelah berkeliling menjelajahi kota Taipei, Taiwan. Suasana restorannya juga sangat nyaman. Pernah-pernik dan gambar yang tersebar di seluruh sudut ruangan seakan membawa kita berada di kafe-kafe tepi jalan di Kota Maroko.

5. Ali Baba’s Indian Kitchen

Sajian Mutton curry with bits of tender soft mutton | Sumber dari www.tripadvisor.com

Sajian Mutton curry with bits of tender soft mutton | Sumber dari www.tripadvisor.com

Ada yang bilang, kurang lengkap berwisata halal di Taiwan tanpa mengunjungi Ali Baba’s Indian Kitchen. Restoran yang terletak di 2F, 86, Minsheng Rd., Taoyuan City, Taoyuan County ini menyajikan makanan khas India Selatan.

Selain menu khas India, restoran ini juga menyediakan masakan khas negara Turki. Restoran ini dilengkapi wifi gratis yang akan membuat kamu betah berlama-lama untuk makan sambil bersantai. Hal menyenangkan lainnya, restoran ini menyediakan fasilitas lain seperti musla, tempat wudu, dan lainnya.

Itulah sekelumit informasi mengenai kuliner halal di Taiwan. Jadi, jangan takut untuk mengunjungi Taiwan hanya karena khawatir tak bisa makan makanan halal. Kalau punya rekomendasi resto halal di Taiwan, yang belum disebutkan di atas, langsung tambahkan di kolom komentar saja.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love