Terkini

Nekat Masuk Jalur Pendakian, Pendaki Asal Belitung Tewas di Gunung Salak

Written by Maulana Malik

Kesiniaja.com – Seorang pendaki bernama Ruslan (54) meninggal dunia di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2016) malam. Pendaki gunung asal Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu diduga kuat meninggal dunia karena serangan jantung.

Seperti yang dilansir oleh kompas.com Kepala Resort Kawah Ratu, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Ugur Gursala, membenarkan ada wisatawan yang meninggal dunia di jalur pendakian ke Gunung Salak melalui jalur Cidahu.

Korban mendaki Gunung Salak bersama rombongan dari pencinta alam YPS-45 Jakarta yang diikuti 14 pria dari berbagai daerah untuk reunian. “Mereka hanya diizinkan berkemah biasa di camping ground. Karena saat ini wisata minat khusus pendakian ke Gunung Salak sedang ditutup. Namun mereka nekat memaksakan diri masuk jalur pendakian,” kata Ugur melalui pesan singkat, Senin (30/1/2017) siang.

Menurut dia, pada tanggal 28 Januari 2017 sekira jam 20.00 WIB, petugas menerima SMS minta bantuan evakuasi karena satu orang dalam keadaan kritis.

“Saat itu almarhum mau nyalain kompor mau masak untuk kami, tiba-tiba bangun lalu jatuh dan ngorok, nadi lemah. Meninggalnya tadi malam, kayanya jantung,” kata salah seorang anggota rombongan, Prabu Sesar (37) kepada wartawan di rumah sakit Sekarwangi, Cibadak, Minggu petang.

Melihat kondisi itu, lanjut dia, sejumlah anggota tim langsung memberikan pertolongan, sempat juga memberikan bantuan pernafasan. Tapi kondisinya melemah dan denyut nadi pun lemah.

“Sebelumnya kondisi bapak sangat sehat. Saya saja kalah saat perjalanan,” ujar Prabu yang juga berasal dari Bangka Belitung.

Saat ini jenazah pengusaha asal Pangkalpinang masih disemayamlan di ruang pemulasaraan jenazah RS Sekarwangi.  Rencananya jenazah akan dibawa langsung pada malam ini ke Pangkalpinang. Hingga berita ini diterbitkan belum ada konfirmasi dari petugas TNGHS.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Maulana Malik