Terkini

Panik di Kedalaman, Turis Asal Inggris Ini Tewas Saat Diving di Wakatobi

Written by Maulana Malik

Kesiniaja.com –  Kabar duka datag dari laut Sulawesi, seorang wisatawan asal Inggris Gregory Arthur Alain Mills, yang masih berusia 17 tahun, meninggal dunia saat melakukan penyelaman bersama ayahnya, Christopher John Mils di Teluk Maya, Desa Lamanggau, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara,

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu, (29/10/2016) sekitar pukul 08.00 WITA. Saat itu, Korban dan ayahnya bersama rombongan didampingi oleh instruktur selam Nicola Jaeger asal Jerman, dengan menggunakan kapal Wakatobi V.

Pada saat sampai titik penyelaman, ketiganya langsung menyelam. Pada kedalaman sekitar sembilan meter, secara tiba-tiba korban kesulitan bernafas dan panik, sehingga langsung melepas regulatornya.

Melihat kejadian tersebut, dive master dan ayah korban berusaha menolong dengan memberi regulator namun korban memberontak dan air laut masuk melalui bagian mulut dan hidungnya.

Korban kemudian diangkat naik ke permukaan dan langsung diberi pernapasan buatan.

“Kebanyakan air laut masuk lewat mulut dan hidung yang mengakibatkan korban kesulitan bernapas,” kata Bagian Humas Polda Sulawesi Tenggara, Ajun Komisaris Besar Sunato pada Minggu, 30 Oktober 2016.

Selanjutnya korban langsung dibawa ke ruang medis PT Wakatobi Resort untuk mendapatkan pertolongan. Namun, setibanya di ruangan medis, nyawa korban sudah tidak tertolong.

Menurut Rudi, dari hasil catatan visum yang dilakukan dokter puskesmas Tomia, tidak ada tanda-tanda kekerasan, melainkan paru-paru korban telah penuh dengan gumpalan air laut.

Atas kejadian tersebut, orangtua korban membuat surat pernyataan tidak akan menuntut pihak PT Wakatobi Resort atas kejadian tersebut. Kedua wisatawan asal Inggris menganggap peristiwa tenggelam putranya merupakan kesalahannya.

Illustration photo’s source

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Maulana Malik