Terkini

Tahun Baru, Jumlah Pendaki Gunung Merapi dan Gunung Ciremai Dibatasi

Written by Viona

Kesiniaja.com – Moment pergantian tahun adalah moment yang paling ditunggu-tunggu para pendaki untuk menghabiskan malam di puncak gunung menikmati kemerlap kembang api dan terompet yang bersahutan dari puncak gunung.

Untuk menyikapi hal tersebut, sejumlah gunung membatasi quota pendakian. Diantaranya adalah Gunung Merapi dan Gunung Ciremai. Taman Nasional Gunung Ciremai menerapkan kebijakan untuk membatasi para pendaki yang hendak melakukan pendakian. Hal ini bertujuan untuk mencegak kepadatan di jalur pendakian. Begitupun dengan Gunung Merapi.

Kepala Humas Polhut Taman Nasional Gunung Ciremai, Agus Yudantara menuturkan bagwa perayaan tahun baru 2017, animo para pendaki yang ingin melakukan pendakian di gunung Ciremai sangat besar. Untuk itu, pihaknya menerapkan kebijakan untuk membatasi para pendaki yang hendak melakukan pendakian.

Selain itu, demi mengantisipasi keamanan para pendaki terlebih cuaca masih belum bisa bersahabat, pihaknya akan menerjunkan ranger-ranger baik yang berada di setiap pos maupun untuk mendampingi para pendaki.

Lalu untuk Gunung Merapi, jika jumlah pendaki sudah melebihi batas kuota, mereka akan diarahkan untuk mendaki Gunung Merbabu yang jarak pos pendakiannya tak jauh dari Gunung Merapi. BTNGM juga akan membuat pos-pos penjagaan di sepanjang jalur pendakian dengan melibatkan sukarelawan dan tim SAR.

Sementara, Kapolsek Selo, AKP Joko Warsono meminta, para pendaki Gunung Merapi melapor dan memberikan identitas diri baik ke Polsek Selo maupun pos pendakian Barameru sebelum mulai mendaki.

Walaupun masih banyak alternatif gunung yang bisa didaki, diharapkan untuk para pendaki agar tidak membawa kembang api, mengingat bahaya kebakaran yang ditimbulkan. Cukup nikmati keheningan alam saja, sambil merenung atas apa yang sudah dilakukan di tahun sebelumnya, sambil lakukan evaluasi diri menjelang tahun yang baru, agar kita dapat menjadi lebih baik di tahun yang akan datang. Salam Lestari!

Foto Featured: IG @megiawatimd

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Viona

We travel, some of us forever, to seek other places, other lives, other souls.