Terkini

Transaksi di GATF 2017 Phase 1 Targetkan Rp 207, 3 Miliar

Written by Binsar Marulitua

Kesiniaja.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengapresiasi kegiatan Garuda Travel Fair 2017 (GATF) Phase 1 di Jakarta 10 Maret 2017 sebagai ajang transaksi penjualan tiket penerbangan dan paket wisata yang dapat mendorong pergerakan wisatawan dalam negeri.

Acara yang digelar di Jakarta Convention Center ini mengambil tema “More for Less”, dimana pelaksanaan GATF ini merupakan upaya Garuda Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik dan terus-menerus menciptakan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya dalam melaksanakan perjalanan wisata yang diinginkan.

“Kegiatan ini menawarkan kepada para pengguna jasa untuk terbang bersama maskapai nasional Indonesia yang memiliki standar pelayanan bintang lima dengan harga special,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuty.

Pelaksanaan GATF 2017 Phase 1 akan dilaksanakan secara serentak di 23 kota di Indonesia, yakni Medan, Batam, Lampung, Jambi, Palembang, Padang, Banda Aceh, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Denpasar, Lombok, Kupang, Pontianak, Balikpapan, Makassar, Manado, Kendari, Ambon, Timika, dan Jayapura.

Target kegiatan Garuda Travel Fair 2017 Phase 1 meliputi jumlah pengunjung Phase 1 ditargetkan dapat mencapai 77.000 pengunjung. Jumlah ini meningkat sebesar 11,6 persen dari pengunjung tahun lalu sebanyak 69.000 pengunjung (Pelaksanaan di Jakarta).

“Nilai transaksi ekonomi yang tercipta ditargetkan dapat mencapai Rp 207, 3 miliar. Jumlah ini meningkat sebesar 15,81 persen dari nilai transaksi ekonomi yang tercipta di tahun lalu sebesar Rp. 179 miliar (Pelaksanaan di Jakarta),” jelas Esthy.

Kegiatan GATF 2017 Phase 1 Jakarta diisi dengan rangkaian kegiatan di antaranya Pameran dan penjualan paket perjalanan wisata Program Happy Hour,  Program “Best Deal”, Program “Lucky Draw Tiket Pesawat Garuda”, dan Tweet Photo Competition  hashtag #GATF2016

Sementara Strategic Highlights Kementerian Pariwisata mengembangkan 10 Destinasi Prioritas, yakni Danau Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Borobudur, TN Bromo-Tengger-Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai. Kesepuluh destinasi ini dikembangkan untuk menjadi Bali Baru.

Pelaksanaan GATF 2017 Phase 1 diharapkan dapat menjual paket-paket perjalanan dalam negeri yang dapat menarik wisatawan nusantara dan mancanegara. Paket-paket perjalanan ini dapat dirancang menyesuaikan dengan calendar of event tiap daerah. Sejalan dengan hal ini, diharapkan target pergerakan 265 juta wisatawan nusantara dan kunjungan 15 juta wisatawan nusantara tahun 2017 tercapai Go Digital! The more digital, the more personal, The more digital, the more global The more digital, the more professional.

“Tema pelaksanaan GATF 2016 Phase 2 Digital Experience sejalan dengan strategi pengembangan pemasaran yang dikembangkan oleh Kemenpar, yakni Go Digital.  Pariwisata harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan digital lifestyle. Penerapan branding, selling, dan advertising dengan platform digital akan lebih efektif dan tepat guna menyasar konsumen yang mengaksesnya,” papar Esthy.

Alur dari digital lifestyle adalah dream select & book, prepare, stay, share and return. Penggunaan media sosial sebagai platform yang paling efektif untuk memasarkan suatu destinasi juga harus dimaksimalkan.

“Produk portofolio pariwisata Indonesia meliputi Budaya 60 persen, Alam 35 persen dan Man-made 5 persen. Saya ucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan GATF 2017 Phase 1 Jakarta. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk pengembangan pariwisata Indonesia,” pungkas Esthy.

Foto featured: http://photo.liputan6.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Binsar Marulitua