Terkini Wisata Indonesia

Wisatawan Malaysia Gugur Saat Nikmati Rinjani

Written by Maulana Malik

Kesiniaja.com – Tabir Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat seolah masih menjadi misteri bagi pengkultusan atas sejuta keindahannya. Nestapa terjadi di gunung dengan ketinggian 3726 di atas permukaan laut ini manakala seorang pendaki dari Malaysia bernama NG Yin Teck (24) tewas tenggelam di pemandian air panas, Aik kalaq,kawasan Danau Segara Anak Selasa (8/11).

Kabar duka mengenai peristiwa itu dikonfirmasi oleh kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR)  Agus Budi. Agus Menjelaskan bahwa korban bersama rekannya bernama Julian Boll (22) mendaki saat status gunung ini dalam keadaan ditutup.

Berdasarkan keterangan Agus, korban bersama rekannya tiba di Danau Segara Anak pukul 12.00 WITA dan langsung menuju pemandian Aik kalaq pukul 12.40 Wita. Wisatawan negeri jiran ini menyelam di air panas yang bersumber dari perut bumi dengan campuran belerang dan tak pernah muncul kembali hingga ditemukan .

Dalam pendakiannya, dua wisatawan tersebut dibantu oleh pramuwisata Suhardi (46) dan porter Amak Bayan (38). Petugas TNGR yang menerima laporan dari pramuwisata tersebut segera menanggapi untuk mengrimkan bantuan bersama penduduk setempat.

Hingga berita ni diturunkan proses evakuasi tengah berlangsung. “Tim evakuasi sudah berhasil melewati pos Cemara Lima untuk turun menuju jalur Senaru pada 13.20 WITA,” Kata Agus kepada Kesiniaja.com melalui pesan singkat.

Sebenarnya terhitung tanggal 27 September 2016 status gunung rinjani masih ditutup akibat fluktuasi erupsi Gunung Baru Jari (anak gunung Rinjani) yang masih belum stabil.  Kecelakan yang sebenarnya bisa dihindari andai saja ada  wisatawan mencari informasi secara rinci  dan pihak TNGR yang kooperatif.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Maulana Malik