Serba-Serbi

5 Tempat Terbaik Merayakan Pergantian Tahun

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Perayaan pergantian tahun di berbagai tempat memang tidak pernah sepi, begitu pun dengan Indonesia. Keberagaman suku serta budaya menyebabkan perayaan pergantian tahun dihiasi oleh beragam tradisi yang berbeda-beda. Untuk Anda yang masih bingung ke mana saat perayaan pergantian tahun, berikut 5 tempat terbaik yang akan membuat pergantian tahun terasa mengesankan.

1. Tenggelam Dalam Keriuhan Bali

Foto: instagram @explorebali

Bali memang bukan tempat yang asing lagi untuk tempat berlibur bahkan menghabiskan pergantian tahun. Beragam tempat wisata dan kulinernya memang selalu membuat Bali dirindukan oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Bali masih menjadi destinasi terfavorit untuk merayakan pergantian tahun. Riuh dan ramainya beragam tempat yang akan menghujani langit dengan semburan kembang api akan membuat perayaan pergantian tahun menjadi semakin meriah.

Ke Bali belum lengkap jika Anda tidak melakukan berbagai wisata air seperti parasiling, banana boat, flying fish, jetski, sea walker, dan diving. Tanjung Benoa merupakan spot paling seru untuk melakukan kegiatan tersebut. Jangan ketinggalan untuk makan bersama singa di Tsayo Lion Restoran. Anda juga bisa mencoba Glamping (Glamour Camping) di Sandat Glamping Tents. Tempatnya yang seru ini akan memberikan pengalaman baru bagi wisatawan.

Ketika tiba saatnya untuk bersiap di malam pergantian tahun, Bali akan menawarkan banyak tempat yang mengadakan perayaan kembang api dan pesta pantai. Pastinya Anda harus pintar dan teliti saat memilih tempat yang pas untuk Anda. Pantai Kuta, Seminyak, dan Jimbaran masih menjadi tempat favorit untuk merayakan pergantian tahun dengan pesta kembang apinya yang meriah.

2. Ciptakan Kenangan di Yogyakarta

Foto: kesiniaja/feti habsari

Yogyakarta adalah pilihan tempat merayakan pergantian tahun bagi Anda yang tidak ingin bepergian terlalu jauh. Kota yang menawarkan beragam budaya ini selalu memiliki daya pikatnya tersendiri untuk membuat siapa saja untuk kembali.

Anda bisa menyaksikan pesta kembang api dan merasakan keriuhan suasana pergantian tahun di Alun-alun Utara. Jika tidak terlalu berminat dengan suasana ramai, habiskan akhir tahun Anda dengan duduk-duduk di angkringan sembari menikmati nasi kucing dan wedang ronde.

Jika semua itu belum cukup, ada alternatif liburan lain di kota ini seperti, menghabiskan malam pergantian tahun di Hutan Pinus Mangunan. Anda bisa mendirikan tenda atau sekadar duduk-duduk menikmati hamparan bintang di antara pepohonan rindang. Atau jika ingin merayakan pergantian tahun yang lebih menantang, mendakilah ke Gunung Merapi atau Merbabu.

Jajaran pantai-pantai anti mainstream yang ada di Gunungkidul juga cocok menjadi tempat merayakan pergantian tahun yang seru dan menyenangkan pastinya.

3. Alternatif Seru di Kota Bandung

Foto: kesiniaja/feti habsari

Bandung merupakan alternatif paling memungkinkan untuk Anda yang belum memiliki rencana menghabiskan malam pergantian tahun. Jaraknya yang cukup dekat dengan Jakarta, menyebabkan Bandung banyak dijadikan destinasi liburan.

Akan ada pesta kembang api di Alun-alun Kota Bandung. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan berbagai hiburan gratis dan menikmati sajian kuliner khas Bandung. Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam, Kawasan Dago adalah pilihannya. Satu lagi, bagi yang gila belanja, Anda bisa merayakan pergantian tahun dengan berburu promo dan diskon di Factory Outlet.

Bukit Bintang di Kawasan Dago juga merupakan salah satu tempat recommended untuk dikunjungi terlebih saat pergantian tahun. Dari tempat ini Anda bisa menikmati taburan bintang serta kembang api.

4. Uniknya Pergantian Tahun di Semarang

Foto: instagram @waf_fiq

Semarang menawarkan perayaan pergantian tahun dengan keunikannya tersendiri. Dengan banyaknya objek wisata yang bernilai historis dan wisata kulinernya yang menjadi unggulan, Semarang mampu tampil bersahaja dengan masyarakatnya yang penuh antusiasme.

Titik-titik populer yang menjafi favorit wisatawan untuk merayakan pergantian tahun di Kota Semarang antara lain, Simpang Lima Semarang, Nol Kilometer, Pantai Marina, dan Gombel, Rinjani (Semarang Atas).

Kawasan Simpang Lima akan berubah menjadi lautan manusia sejak sore untuk menikmati pesta kembang api. Sedangkan di Kawasan Nol Kilometer biasanya dimeriahkan oleh artis-artis lokal yang diikuti dengan pesta kembang api. Taman Budaya pun biasanya menggelar beragam festival seni.

Jika Anda ingin menrayakan pergantian tahun dengan suasana sejuk dan damai, Kawasan Gombel, Rinjani, Semarang Atas merupakan pilihannya. Menikmati Kota Semarang dan pesta kembang api dari ketinggian akan menjadikan momen pergantian tahunmu terasa lebih berkesan.

5. Rayakan Pergantian Tahun Istimewa di Gili Trawangan

Foto: instagram @baligilitransport

Gili Trawangan merupakan tempat merayakan pergantian tahun yang istimewa. Terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pulau kecil ini memiliki sejuta pesona dan dijuluki Party Island oleh wisaatawan.

Memiliki pantai indah dengan pasir putihnya yang lembut, Gili Trawangan menawarkan kemeriahan dan keseruan pesta pergantian tahun yang tidak bisa ditolak oleh para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, pastinya wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong datang ke Gili Trawangan untuk ikut merasakan kemeriahan pesta pergantian tahun.

Di sebelah barat Gili Trawangan biasanya akan menyajikan beragam hiburan yaang menarik, seperti, pertunjukan musik yang spektakuler, berdansa dan berjoget di lantai berpasir, pertunjukan fire dance atau tarian api yang menakjubkan, hingga acara puncak berupa pertunjukan kembang api yang meriah.

Setelah puas merayakan pesta pergantian tahun, Anda bisa menghabiskan liburan dengan mengunjungi spot-spot istimewa di Gili Trawangan. Di bagian timur pulau ini Anda bisa menemukan sunrise yang indah.

Yuk, persiapkan diri untuk menyambut tahun yang baru dengan semaangat baru di tempat istimewa yang tidak akan bisa Anda lupakan. Beragam hotel pun akan menawarkan promo beserta beragam acara yang menarik bagi para wisatawan.

Featured Image Source

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.