Serba-Serbi

Pramugari Memiliki Ruang Rahasia di Pesawat? Ini Tempatnya!

Written by Nadia Syifa

Kesiniaja.com – Bagi para penumpang, melakukan penerbangan yang panjang tentu akan menjadi hal yang sangat melelahkan. Jika penumpang saja bisa merasa tidak nyaman, bayangkan apa yang dirasakan oleh pramugari atau pilot. Sementara, mereka harus tetap waspada sepanjang perjalanan dan memikirkan pelayanan dan kebutuhan penumpang.

Beberapa penerbangan dapat memakan waktu lebih dari delapan jam untuk mencapai tujuan. Kadang kala, penerbangan jarak jauh tersebut tanpa transit sama sekali. Tentu hal itu sangat melelahkan bagi semua yang ada di dalam pesawat.

Untuk membuat pramugari dan pilot tetap awas, sebagian besar produsen pesawat jarak jauh membangun kamar tidur rahasia dimana kru bisa beristirahat. Mereka membangunnya di belakang kokpit dan hanya dapat diakses oleh awak pesawat.

© Chris Sloan / airwaysnews.com

Pesawat yang berbeda, memiliki perbedaan letak dan interior ruang rahasia ini. Beberapa gaya kamar dibentuk seperti asrama dengan tempat tidur berdampingan.

Boeing 773 misalnya, mengadopsi kompartemen dengan gaya lorong. Tempat tidur di kedua sisi lorong dipisahkan oleh partisi dan tirai. Tanda peringatan diletakkan di pintu masuk untuk memberikan rincian kapasitas dan petunjuk penggunaan.

Beberapa interior dibuat agar terlihat cerah dengan bantal berwarna. Misalnya, seperti ruangan rahasia di pesawat Boeing 787 Dreamline.

Pesawat Malaysia biasanya memiliki gaya tempat tidur dengan tiga susun, sementara pesawat Singapura tampilan dalamnya sedikit lebih mewah. Pintu masuk tersembunyi dari pandangan penumpang. Kadang hanya berupa pintu kecil seperti tangga ke atas, sementara beberapa yang lain lebih terlihat seperti kompartemen tas penumpang.

Berada di ruangan sempit dapat terasa sesak memang. Namun, setidaknya mereka dapat menutup mata sesaat untuk beristirahat dan melayani penumpang dengan baik nantinya.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Nadia Syifa

Chasing sunsets around the world : island life