Serba-Serbi Terkini

Terminal Baru Keberangkataan Internasional Bandara Husein Sastranegara Siap Beroperasi

Written by Binsar Marulitua

Kesiniaja.com – Bandara Husein Sastranegara layaknya seperti pintu rumah Jawa Barat melalui jalur udara. Kini, bandara kebanggaan tanah Pasundan tersebut bersiap membuka diri terhadap arus hilir mudik pergerakan penumpang internasional. Terminal baru keberangkatan internasional tersebut telah rampung pengerjaannya dengan total investasi 177 miliar dan sudah mulai dioperasikan sejak tanggal 6 Januari 2017.

Directtor Operation & Engineering PT Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo mengatakan bahwa sebelum membuka soft operation terminal internasional baru ini, pihaknya sudah melakukan simulasi dan uji coba selama dua minggu. Dalam pelaksanaanya, Instansinya melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder bandara seperti maskapai, Imigrasi, Bea Cukai dan Karantina guna memastikan kelancaran pada saat pengoperasian.

Djoko optimis terminal baru tersebut mampu menarik minat maskapai untuk membuka rute internasional dan membawa pertumbuhan pariwisata di Jawa-Barat khususnya Bandung. “Hal ini juga seirama dengan target Kementerian Pariwisata di tahun 2017 yakni 15 juta wisman,” ucap Djoko seperti dalam keterangan pers.

Terminal baru Bandara Husein Sastranegara memiliki luas 6.297 m2 dan mampu menampung 1 juta penumpang per tahun. Totalnya, Bandara ini bisa menampung 3,4 juta penumpang per tahun jika digabungkan dengan mobilisasi penumpang domestik. Dari sisi fasilitas pelayanan, terminal baru ini memiliki 10 counter check-in untuk penerbangan internasional dan sistem penanganan bagasi Autonomic Baggage Conveyor terbaru.

Selain bagasi dengan sistem kekinian, pelayanan juga ditingkatkan dengan standar skytrax. Antara lain seperti disediakannya nursery room,quiet room, free charging terminal,free internet& wifi serta fasilitas penyandang disabilitas. Dari segi estetika seni, PT Angkasa Pura II juga bekerjasama dengan seniman Nyoman Nuarte. Nantinya, seniman dengan hasil karya internasional ini akan menempatkan beberapa karya seni patung khas Indonesia yang ditempatkan di galeri terminal internasional.

Penampilan fisik terminal internasional baru ini mengusung konsep eco-airport yang modern dengan perpaduan citarasa budaya lokal. Konsep arsitektur bentuk atap terdiri dari atap Julang Ngapak provinsi Jawa-Barat.

Kini, Bandara Internasional Husein Sastranegara melayani 40 penerbangan internasional per minggu dan 64 penerbangan per hari. Maskapai yang telah membuka penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Husein Sastranegara adalah AirAsia, Lion Air, Citilink, Kalstar, Nam Air, Xpress Air, Wing Air, Malindo Air dan Silk Air.

Foto featured:  skycrappercity.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Binsar Marulitua