Terkini Tips

Berencana Mendaki Gunung di 2017? Cek Dulu Aturan Pendakian Terbarunya!

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Bagi kamu yang ingin mendaki gunung di tahun 2017 ini, terdapat beberapa peraturan baru yang mulai diterapkan beberapa gunung di Indonesia. Simak ulasan berikut. Siapa tahu ada salah satu gunung yang bakal menjadi destinasi kamu di tahun baru ini.

1. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango dan Rinjani ditutup mulai awal 2017

Kamu berencana melakukan pendakian ke Gede Pangrango atau Rinjani di awal tahun ini? Sebaiknya tunda niatmu dulu, karena kedua gunung ini telah ditutup sampai batas waktu yang ditentukan. Sambil menunggu jadwal penutupan jalur pendakian ini, berlatih fisik untuk bekal pendakian nanti bisa jadi kegiatan yang seru.

Pemulihan ekosistem hutan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjadi alasan mengapa gunung ini ditutup untuk sementara waktu. Dimulai dari tanggal 31 Desember 2016 hingga 31 Maret 2017, pendaki yang hendak mendaki melalui jalur mana pun tidak akan dilayani. Silahkan kembali mendaki pada jadwal pendakian yang sudah ditentukan.

Sudah menjadi jadwal rutin tahunan pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) selama 20 tahun ini, kembali persemayaman Dewi Anjani akan ditutup mulai awal tahun. Kepala Balai Besar TNGR mengatakan intensitas cuaca di bulan Januari, Februari dan Maret sangatlah buruk, disertai hujan dan angin badai.

2. Jangan coba-coba membuang sampah di Rinjani. Dendanya Rp. 500 ribu, loh!

Jika kamu berencana mendaki Gunung Rinjani, bersiaplah untuk dikenai peraturan barunya untuk wajib membawa turun sampahmu kembali. Alasan terbesarnya yaitu kian bertambahnya pendaki yang tidak bijak dalam membuang sampahnya sendiri, sehingga banyak sekali yang tercecer dan mengotori beberapa spot di Gunung Rinjani.

Aturan ini berlaku bagi semua pendaki tanpa terkecuali, baik pendaki lokal maupun mancanegara akan dikenai jaminan sebesar Rp. 500 ribu sebelum memulai pendakian. Uang jaminan tersebut dapat diperoleh kembali jika pendaki membawa kembali bungkus makanan dan minuman yang mereka bawa ketika naik. Peraturan baru ini diberlakukan mulai tanggal 1 April 2017. So, bersiaplah!

3. Tinggalkan tisu basah dan air minum kemasanmu jika ingin mendaki Gunung Gede Pangrango di 2017

Tisu basah dan air minum kemasan sekali pakai memang menjadi bekal langganan jika hendak mendaki gunung. Namun, bersiaplah untuk tak menyertakan keduanya dalam carrier-mu jika ingin menjelajah Gunung Gede Pangrango mulai bulan April 2017 nanti. Hal ini dikarenakan banyaknya penemuan sampah kedua barang ini di kawasan gunung yang tak dibawa turun oleh para pendaki.

4. Para pendaki Merapi, cukup sampai Pasar Bubrah saja ya!

Larangan yang sebenarnya sudah diterapkan sejak lama ini, kini kembali dipertegas guna menjaga keselamatan para pendaki Gunung Merapi. Balai Penelitian Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, menghimbau dan menekankan kembali agar pendaki mematuhi aturan ini karena kondisi tanah menuju Puncak Merapi tidak stabil.

Jadi, para penggiat alam diharapkan dapat lebih bijak menyikapi semua peraturan yang telah dibuat guna keselamatan dan kenyamanan semua pihak. Salam lestari!

Foto featured: rinjanimountain.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati