Tips

Ingin Keliling Indonesia atau Dunia? Bisa Kok, Atur Keuanganmu dengan 8 Cara Ini!

Written by Viona

Kesiniaja.com – Liburan yang kini sudah menjadi gaya hidup membuat sebagian orang berpikir keras menemukan alternatif untuk mengatur keuangan untuk bisa pergi liburan. Karena liburan bukan hanya soal waktu saja, tapi budget juga harus diperhatikan.

Apakah kamu sedang merencanakan untuk pergi liburan? Jika kamu kesulitan mengatur keuangan agar budgetmu dapat tercukupi untuk liburan, maka kamu wajib untuk mengikuti 7 Tips yang akan membantu impianmu mengelilingi Indonesia atau Dunia:

1. Rencanakan Destinasi Pilihanmu

Foto dari: http://havanatourcompany.com/

Sebelum kamu menabung, ada baiknya kamu harus sudah memiliki tujuan, kota mana atau tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi. Hal ini bertujuan supaya kamu mengetahui budget yang kamu butuhkan untuk menuju suatu tempat.  Jika kamu merasa keuanganmu belum cukup untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, maka tidak ada salahnya jika memutuskan untuk traveling di dalam negeri dulu.

2. Cari Tau Apa yang Kamu Butuhkan

Foto dari: http://8list.ph/

Jika kamu sudah tahu kamu ingin pergi kemana, mulailah mencari tahu biaya apa saja yang harus kamu keluarkan. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, logistik, tiket masuk ke objek wisata, hingga menghitung rancangan pengeluaran untuk membeli barang-barang yang akan kamu butuhkan selama bepergian.

Kamu bisa searching di google untuk mengetahui hal yang kamu butuhkan. Namun jangan terpaku pada tips dan trik traveling yang mainstream. Selalu cari alternatif agar biaya perjalananmu bisa lebih murah.

3. Harus Disiplin dan Komitmen Untuk Menyisihkan Pendapatan

Foto: http://sandierpastures.com/

Supaya tips ini berhasil, tentunya kamu harus komitmen terhadap dirimu sendiri. Setiap bulan, berjanjilah pada diri sendiri untuk menyisihkan pendapatanmu demi rencana traveling yang kamu rencanakan. Kamu bisa menentukan besarnya sendiri sesuai kemampuan finansialmu, lebih besar lebih cepat juga rencanamu menjadi kenyataan. Jangan otak-atik tabunganmu, bila perlu kamu siapkan satu ATM yang isinya tabunganmu dan lenyapkanlah kartunya. Jadi kamu tidak akan bisa mengambilnya sampai menjelang keberangkatan.

4. Buat Kamu Wanita, Kurangi Pergi Ke Salon

Foto dari: http://www.tarrassalon.com/

Bagi para wanita, salon memang jadi tempat pelarian untuk meredakan ketegangan dari hari-hari yang menyita tenaga dan pikiran . Tapi seringnya cewek-cewek justru kebobolan dompet setiap ke salon. Lapar mata, setiap perawatan ingin dicoba. Mulai saat ini berusahalah untuk mengurangi pengeluaran ke salon dan spa.

5. Kurangi Pergi Ke Cafe

Foto: cdn.pergidulu.com

Kamu sering pergi ke kafe hanya untuk menghabiskan waktu dengan ngopi-ngopi? Berapa sih yang biasa kamu keluarkan buat beli segelas kopi di kafe? Minimal 15 ribu udah paling murah, belum lagi kalau kamu pesan makanan. Bisa dipastikan sekali duduk di kafe setidaknya Rp 50.000,00 keluar dari kantongmu. Cobalah kurangi nongkrong gaul di kafe, kecuali kamu ada meeting dengan client atau urusan yang lebih produktif.

Daripada menghabiskan waktu di kafe cobalah hal-hal baru seperti datang ke museum yang gratis atau puaskan diri download film di internet untuk hiburanmu di kala senggang.

6. Kurangi Belanja, Fokus Pada Prioritas, Bukan Pada Keinginan

Apakah sebuah keinginan tidak boleh dipenuhi? Boleh-boleh saja asalkan semua kebutuhan yang penting telah dipenuhi. Jangan sampai sebuah keinginan yang remeh temeh menggeser kebutuhan yang lebih penting dan esensial. Tahan dulu keinginanmu membeli pakaian atau hal-hal lainya yang sifatnya hanya keinginan. Kalau kamu konsisten melakukan hal ini dalam jangka waktu setahun, pasti dana untuk liburanmu akan bisa bertambah dengan signifikan.

7. Jangan Sering Keluar Sama Teman-Teman yang Hedon

Foto: http://expressinglife.in/

Setiap saat tentu ada ajakan main bareng temen. Tapi sekalinya keluar sama teman-teman yang hedon, niat berhemat  langsung buyar. Diajak nongkrong di tempat mahal gak bisa nolak, diajakin belanja kemudian lapar mata ikutan beli juga. Cobalah untuk tidak ikut kegiatan hura-hura dulu agar dirimu bisa mengendalikan pengeluaran.

Bukan berarti kamu harus kehilangan teman, tapi cobalah untuk tidak keluar bersama mereka saat agenda utamanya adalah membelanjakan uang. Kalau perlu beritahu mereka apa yang sedang kamu usahakan. Kalau mereka teman-teman yang baik pasti mereka akan mendukungmu, kok.

8. Berdayakan Dirimu Untuk Dapat Penghasilan

Foto: studentpreneur.co

Salah satu cara cepat untuk menambah pundi-pundi tabunganmu adalah cari penghasilan tambahan. Kamu bisa mencari penghasilan tambahan agar semakin cepat bisa mewujudkan impian jalan-jalan keliling dunia. Gak perlu harus kerja kantoran di dua tempat, tapi kamu bisa memanfaatkan hobimu buat jadi pekerjaan paruh waktu, atau kamu bisa juga jualan online. Kreatiflah mengeksplor kemampuanmu biar bisa dimanfaatkan dan tentunya menghasilkan uang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar keuangamu tertata dengan baik sehingga memudahkanmu untuk segera mewujudkan perjalanan idamanmu.

Foto Featured: instagram.com/rosacgusfa

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Viona

We travel, some of us forever, to seek other places, other lives, other souls.