Serba-Serbi Wisata Indonesia

14 Surga Wisata Tersembunyi Di Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi!

Written by Astri Erlina

Kesiniaja.com – Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa, atau diantara Jawa Barat dan Jawa Timur. Jawa Tengah juga punya banyak tempat wisata yang unik dan belum tentu semua orang mengetahuinya. Karena itu, kali ini kesiniaja.com akan membahas soal beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai salah satu Provinsi yang memiliki banyak kekayaan alam serta tempat wisata alam nya yang menarik salah satunya Karimun Jawa, Jawa tengah masih banyak menawarkan lokasi-lokasi wisata yang sangat menggiurkan lho. Bagi kamu yang tinggal di daerah kota yang kumuh dan penuh polusi, tidak ada salahnya jika berkunjung ke beberapa tempat yang ada di Jawa Tengah.

1. Menyapa Candi Dari Bukit Sunyi Bernama Puthuk Setumbu.

Menikmati pagi yang hening dari puncak Bukit Punthuk Setumbu merupakan pembuka hari yang sempurna. Dari sini kamu bisa melihat kabut yang merayap menyelimuti Candi Borobudur, merangkak naik, kemudian memudar tatkala mentari muncul dari balik punggung gunung. Untuk mencapai puncak Bukit Punthuk Setumbu, kamu harus trekking sekitar 15 – 30 menit tergantung kecepatan melangkahmu.

puthuk setumbu (Large)

Foto sunrise di puthuk setumbu dari foodiebaker.com

Bukit Punthuk Setumbu terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 44 km dari Yogyakarta, Punthuk Setumbu bisa ditempuh antara 1 – 1,5 jam berkendara. Rute menuju Punthuk Setumbu sangatlah mudah. Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur, paculah kendaraanmu menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah Perbukitan Menone, ikuti petunjuk arah tersebut dan berkendara sekitar 10 menit, maka kamu akan tiba di kawasan parkir Punthuk Setumbu.

2. Mengatasi Pening dari Atas Goa Rong.

Pemandangan indah dapat kamu jumpai di Semarang, tempat melihat keindahannya disebut Goa Untuk sampai di sana lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi Goa Rong dari arah Semarang, hanya beberapa meter dari jembatan Tuntang. Orang-orang biasa menyebutnya dengan stasiun Tuntang.

Goa Rong dari IG rei_savana_biru

Goa Rong dari IG rei_savana_biru

Kamu bisa sesekali melepas lelah sambil memandang ke arah barat, Dari sini kamu disuguhkan pemandangan alam rawa pening yang luar biasa. Dengan balutan cahaya matahari sore yang memerah, kamu bisa menyaksikan bentangan daratan yang dipenuhi dengan pepohonan serta bukit-bukit yang indah.

3. Bermain Air dicurug Cipendok.

Selain terkenal dengan Baturaden, ternyata masih banyak tempat wisata di Purwokerto. Tempat wisata ini tersebar di berbagai sudut yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Purwokerto punya banyak air terjun yang indah seperi Curug Cipendok, Curug Ceheng, dan curug lainnya yang jumlahnya masih sangat banyak. Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi satu per satu. Curug yang belum banyak diketahui orang-orang adalah curug Cipendok.

cipendok

Lokasi wisata Curug Cipendok berjarak sekitar 20-25km dari Purwokerto, bisa di tempuh sekitar 30 menit, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung keramaian jalan. Paling gampang adalah melalui rute pertigaan Losari yang berada di jalur utama Purwokerto – Ajibarang yang juga merupakan jalur ke pantura Purwokerto – Jakarta. Untuk harga tiketnya saat ini Rp. 9.000 per orang.

3. Melihat Indahnya Savana di Bukit Pangonan .

Kawasan Dieng tetap jadi favorit! Sebuah Bukit yang berada di sebelah selatan Dieng ini tidaklah terlalu tinggi untuk didaki. Bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman jelajah Gunung Dieng namun tidak punya banyak waktu atau khawatir tenaga akan terkuras untuk pendakian, maka Bukit Pangonan bisa menjadi solusi wisata alam yang mudah tanpa harus kehilangan keseruan penjelajahan alam khas pegunungan Dieng sebagaimana Sikunir maupun Gunung Prau.

bukit-pangonan-dieng

Foto dari diengbackpacker.com

Salah satu yang menarik dari bukit pangonan adalah keberadaan lembah luas di puncaknya, membentuk semacam cekungan bekas danau yang mengering yang kemudian ditumbuhi ilalang membentuk padang savana yang hijau segar menyenangkan bila dipandang mata.

4. Wisata Rasa Luar Negeri Di Wisata Alam Brown Canyon.

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, tempat yang lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang. Sebenarnya sebutan nama Brown Canyon di Semarang ini adalah sebutan populer bagi para pengunjung lokasi ini. Kalau kita bertanya kepada kebanyakan penduduk sekitar, banyak dari mereka yang kurang familiar dengan sebutan itu, mereka lebih tahu dengan sebutan “Padas Keruk” (bekas bukit yang dikeruk, yang menyisakan tanah padas).

Foto dari IG samsulhuda21

Foto dari IG samsulhuda21

Jadi nama Brown Canyon mungkin artinya tebing-tebing seperti di Grand Canyon yang berwarna coklat padas. Nama Brown Canyon menjadi populer, mana kala pengunjung banyak yang mengunggah hasil foto-foto mereka di akun sosial media. Brown Canyon tadinya merupakan sebuah perbukitan yang sudah lebih dari 10 tahun dilakukan kegiatan pengerukan tanah urug, penggalian padas dan pasir. Jadi, tempat tersebut merupakan tempat sebagai proyek galian C. Karena tadinya setiap hari dalam sekian tahun dilakukan pengerukan dan pengambilan material, maka terbentuklah tekstur tebing yang unik yang mirip dengan “GRAND CANYON”.

5. Menelusuri Cantiknya Pantai Menganti, Kebumen

Kamu pernah menonton The Hobbit? pasti ingat dengan lembah hijau berpantai dan tebing tinggi di Selandia Baru yang menjadi lokasi syuting filmnya. Tapi tak usah jauh-jauh ke Selandia Baru, di Kebumen ada Pantai Menganti yang sama indahnya dengan New Zeland. Mungkin tidak banyak yang tahu tentang Pantai Menganti yang berada di Kebumen. Bahkan di wilayah Kebumen pun tidak semua orang mengenal pantai ini. Padahal pantai Menganti salah satu pantai pasir putih yang cantik tersembunyi.

pantai menganti

Foto dari IG @iwidhy

Pantai ini menyimpan keindahaan laut sekaligus pegunungan yang menakjubkan. Selain itu banyak pemandangan menarik tidak hanya satu tempat saja, karena pantai ini memiliki beberapa sisi yang dipisahkan oleh perbukitan nan menawan. Meski pantainya tidak begitu luas, namun pantai ini satu-satunya pantai di Kabupaten Kebumen yang berpasir putih. Kamu juga bisa menikmati kuliner seafood yang disediakan oleh warung-warung di sekitar pantai. Jika kamu ingin view yang lebih indah, kamu bisa sewa mobil bak untuk pergi ke bukit.

6. Menenangkan Jiwa di Telaga Sunyi, Purwokerto

Telaga Sunyi, nama telaga ini didapat dari posisinya yang tersembunyi dan letaknya yang cukup jauh dari keramaian tempat wisata sekitar Baturraden, terkesan sunyi. Biasanya tempat ini dikunjungi oleh mereka yang ingin bermeditasi atau sekedar melepas penat dan mencari ketenangan.

telaga sunyi

Foto dari eerhum.wordpress.com

Bening airnya membuat telaga sunyi terlihat dangkal, padahal memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter saat kemarau. Ketika musim hujan telaga ini dapat mencapai kedalaman 5 meter lengkap dengan air terjunnya. Airnya yang dingin dapat menyegarkan kaki-kaki yang letih setelah berjalan menuju tempat ini. Tempat ini masih kental dengan aroma mistisnya, jika kamu berbicara kotor di tempat ini maka makhluk ghaib di sekitar tempat tersebut tak sungkan untuk mengganggumu. Menurut warga sekitar, tempat ini dulunya sering menjadi tempat pembuangan kepala manusia yang di mutilasi.

7. Melihat Dengan Dekat Keindahan Sunset Di Pantai Pasir Kencana

Kabupaten Pati berbatasan langsung dengan Kabupaten Grobogan dimana batas wilayahnya terdapat Gunung Kendeng yang berupa pegunungan kapur. Di Gunung Kendeng ini terdapat sebuah tempat wisata yang masih tersembunyi di Kabupaten Pati yaitu air Terjun Tadah Hujan.

Air Terjun Tadah Hujan, Pati

Air Terjun Tadah Hujan, Pati

Air terjun Tadah Hujan memiliki tinggi sekitar 75 meter. Karena akses jalan yang belum begitu bagus maka temat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun jika kamu menginginkan suasana yang sunyi, dengan pemandangan alam yang elok, maka kamu dapat berpetualang mencari keberadaan Air Terjun Tadah Hujan ini.

KLIK NEXT UNTUK SELANJUTNYA

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love