Serba-Serbi Wisata Indonesia

14 Surga Wisata Tersembunyi Di Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi!

8. Daki Puncak Telomoyo dengan Motormu

Gunung Telomoyo, salah satu gunung di Jawa Tengah yang mudah di akses tanpa harus bersusah payah seperti pendaki gunung. Gunung dengan ketinggian kurang dari 2000mdp memiliki jalur aspal hingga di puncaknya. Pada awalnya jalan tersebut di gunakan untuk mobilisasi peralatan dan karyawan yang mengoprasikan pemancar di puncak

Foto dari ashari.riri

Foto dari ashari.riri

Matamu akan terus di manjakan saat kabut tipis mulai naik dan menembus sela-sela pepohonan Pinus. Hawa dingin mulai menusuk tulang, menambah suasana dramatis disaat hempasan kabut berdatangan. Dibeberapa tempat sudah ada tempat duduk yang strategis untuk sekedar beristirahat sambil menikmati pemandangan dari atas puncak.

9. Menikmati Indahnya Tujuh Puncak Gunung dari Posong.

Wisata alam Posong, sebuah tempat wisata yang terbilang baru. Lokasinya berada pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Wisata alam Posong ini tidak begitu jauh dari alun-alun Temanggung, tepatnya di Desa Tlahap, kecamatan Kedung.

mentari-pagi-di-posong

Pemndangan Sunrise dari Posong

Posong menawarkan pemandangan yang indah karena dari sini kamu dapat melihat tujuh puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan Gunung Muria. Dengan latarbelakangnya adalah Gunung Sindoro. Selain itu, kamu juga dapat melihat sunrise yang istimewa di Posong.

10. Menyongsong Cahaya Surga dari Goa Terawang, Blora.

Goa Terawang

Goa Terawangan

Biar sehat, biarkan tubuhmu dihempas sinar matahari dari atap Goa Terawangan, Goa ini terbentuk karena endapan batu gamping pengunungan kapur dan letaknya di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. kamu dapat menuju lokasi ini dengan roda dua atau empat. Selain pemandangan unik stalaktit dan stalakmit, kamu dapat menikmati pesona alam yang mengesankan dengan satwa kera baik kecil dan besar. Goa lainnya di sekitar lokasi ini adalah Goa Kidang, Goa Breng, Goa Agung dan banyak lagi.

11. Bersantai di Telaga Kedung Bening, Pemalang.

Kedung Bening, atau telaga kecil ini terbentuk karena adanya proses erosi bebatuan oleh sungai dan air hujan yang kemudian membentuk sebuah cekungan. Di waktu kemarau tiba, cekungan ini membentuk telaga yang berubah warna menjadi hijau bening karena pengaruh reaksi mineral di dalamnya. Namun, kalau musim penghujan tiba—seperti sekarang ini—volume air cenderung naik dan warna telaga berubah menjadi keruh/ kecoklatan.

Foto Telaga Bening foto dari @jenkiple11

Foto Telaga Bening foto dari @jenkiple11

Lokasi kedung ini cukup tersembunyi, terletak di perbatasan desa Bodas dan desa Majalangu, kecamatan Watukumpul, atau sekitar 41 km dari kota Pemalang ke arah selatan. Tempat ini masih belum populer di kalangan masyarakat Pemalang, sehingga masih sepi oleh pengunjung. Istimewanya adalah, kamu tak perlu membayar untuk masuk ke lokasi,malahan kamu akan dibayar oleh pemandangannya yang luar biasa.

12. Air Terjun Jumog, Serpihan surga dari Karanganyar

Udara sejuk dan hamparan pepohonan rindang mengelilingi tempat wisata ini. Kamu tak akan kepanasan saat menuruni anak tangga yang terbuat dari semen lantaran naungan pohon-pohon pakis di sisi luar tangga yang menempel tebing.

air-terjun-jumog (Large)

Air Terjun Jumog Karanganyar

Memang, selesai menapaki anak tangga, kamu tak langsung menemukan air terjun tersebut. Kamu masih harus berjalan sekitar 100 meter untuk menemukannya di balik tebing. Tetapi, suasana yang sejuk dan pemandangan hijau yang menyegarkan tak akan membuatmu bosan. Tempat wisata Air Terjun Jumog berjarak sekitar 40 kilometer ke arah Timur Solo.

13. Mampir Ke Nusakambangan, Bukan ke Penjara. Tapi Kesini!

Pulau ini memang adalah tempat perasingan narapidana dengan kasus besar di Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah selatan Cilacap, untuk menuju kesini Wovger bisa menggunakan kapal nelayan dari Teluk Penyu dengan jarak tempuh selama 10 menit.

Pulau-Nusakambangan-Cilacap

Foto dari : adipala.com

Walaupun merupakan pulau perasingan, dengan penjara berisi terpidana kelas kakap, pulau ini tetap memiliki daya tarik wisata tersendiri. Daya tarik wisata yang dimiliki oleh pulau ini antara lain hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai. Disini ada benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara untuk pantai, ada Pantai Karang Pandan.

14.  Menikmati Pesona Desa Wisata Panusupan

Igir Wringin, mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat. Destinasi wisata yang ada di Desa Wisata Panusupan Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga ini baru dibuka, namun sudah bisa menyedot ribuan pengunjung dari berbagai penjuru .Perjalanan dimulai dengan menyusuri jalan setapak di pinggir sawah warga. Selama perjalanan kita akan ditemani tiupan angin dan hijaunya tanaman di sepanjang jalan. Sedikit menghilangkan lelah. Sebelum sampai di puncak, terdapat dua pos sebagai tempat istirahat pengunjung.

Foto dari IG Fhasbix13

Foto dari IG Fhasbix13

Puncak Igir Wringin berada di ketinggian 640 Mdp, untuk sampai kesana pengunjung harus melalui jalanan setapak dengan kemiringan hampir 90º.Perjalanan ke puncak Igir Wrngin ditempuk kurang lebih selama 1,5 jam dengan medan yang lumayan menguras tenaga dan nafas. Dipuncak pengunjung akan disambut semilir angin yang langsung menghilangkan lelah, hamparan perbukitan tampak hijau seperti lukisan. Rumah-rumah penduduk tampak seperti titik-titik kecil diatas lukisan. Sejuk, menenangkan, Rasanya tak ingin turun lagi.

Itu dia Surga-Surga Tersembunyi yang mesti kamu jelajahi Di Jawa Tengah. jadi, kapan berencana untuk berwisata ke Jawa tengah?

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love