Wisata Indonesia

3 Candi Terpopuler di Jogja Sepanjang Tahun 2016

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Yogyakarta dikenal memiliki banyak candi-candi peninggalan masa lampau dengan sejarah dan juga keindahan yang memikat setiap wisatawan lokal bahkan mancanegara. Berikut tiga candi terpopuler di sepanjang tahun 2016 yang bukan hanya akan memberikan kamu pengetahuan perihal sejarah, tetapi juga bisa membuat instagrammu makin keren dengan pesona dan keelokan bangunannya.

1. Kagumi Kemegahan Arsitektur Candi Ratu Boko

Foto: instagram @borobudurpark

Istana Ratu Boko atau Candi Ratu Boko ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Yogyakarta. Terlebih semenjak dijadikan sebagai lokasi shooting film AADC 2.

Candi yang terletak di ketinggian 196 mdpl dan tidak jauh dari Candi Prambanan ini menawarkan pesona yang eksotis nan romantis dengan kemegahan arsitekturnya. Posisinya yang di atas bukit memberikan udara sejuk serta pemandangan alam yang memesona. Di tempat ini pulalah kamu bisa mendapatkan spot sunset yang cantik dan menjadi favorit para turis.

Uniknya, bangunan ini menunjukkan ciri-ciri sebagai tempat tinggal dibanding sebuah kuil layaknya candi. Kini yang tersisa tinggallah batur-batur batu, namun tetap menunjukkan sisi kemegahannya.

Tempat wisata yang dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.00 ini mengenakan tarif masuk sebesar Rp 25.000 per orang.

2. Menikmati Senja Romantis dari Ketinggian di Candi Ijo

Foto: kesiniaja/Feti Habsari

Candi Ijo Merupakan candi yang letaknya tertinggi di Yogyakarta dan menawarkan keindahan double ekstra. Lokasinya berada di lereng bukit terletak di ketinggian sekitar 425 mdpl. Kompleks percandian ini menyajikan panorama persawahan yang membentang dan keindahan kota dari ketinggian.

Dari tempat ini kamu bisa mendapatkan panorama kota Jogja bersanding dengan persawahan yang menghampar luas di bawah. Rerumputan rapat yang selalu terjaga kebersihannya di kompleks candi ini merupakan tempat yang nyaman untuk duduk dan bermain. Bagi kamu yang membawa anak kecil ke tempat ini, biarkan mereka bebas berlari menjejak langsung rumput yang menyatu dengan alam sambil mengamati artefak bangunan candi ini.

Saat matahari terbenam, kompleks percandian Hindu ini masih akan memberikan keindahaannya. Disebut-sebut sebagai spot untuk mendapatkan senja terbaik, pastinya kamu akan mendapatkan keindahan senja terbaik dari tempat ini. Hamparan kota yang mulai gelap dengan kerlip lampu berpadu dengan semburat jingga kemerah-merahan di langit. Kamu akan mendapatkan sketsa bangunan candi dengan background senja yang sungguh eksotis dan menawan.

Kompleks percandian ini terletak di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo sehingga candi Ini disebut Candi Ijo. Berjarak sekitar 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko, Candi ini memang belum banyak dikenal dan dikunjungi. Namun sepanjang 2016 candi ini semakin ramai dan diminati para wisatawan.

3. Berpetualang ala Teletubis di Candi Abang

Foto: kesiniaja/Feti Habsari

Candi Abang merupakan candi Hindu yang sudah tidak berbentuk layaknya bangunan candi. Meski begitu, keindahan dan sejarahnya tidak lenyap begitu saja. Penampakannya yang berbeda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Terbentuk dari batu bata merah inilah yang membuat candi ini disebut sebagai Candi Abang. Dalam bahasa jawa, abang berarti merah.

Terletak di Sleman, Yogyakarta, candi yang satu ini lebih dikenal sebagai bukit teletubis karena bentuknya yang mirip bukit teletubis. Berbentuk piramid yang terbuat dari batu bata merah dan diselimuti oleh rerumputan hijau, candi ini sungguh berbeda dari candi lainnya yang terbentuk dari batuan andesit dan berbentuk bangunan dengan aneka relief.

Candi yang berada di atas bukit ini menyajikan pemandangan perkotaan dengan hamparan sawah yang memanjakan mata. Dari atas sini kamu bisa memandang hamparan kota Yogyakarta dari atas bukit dengan suasana tenang dan semilir angin sejuk. Lingkungan sekitar yang masih serasa alam pedesaan dengan dikelilingi banyak kebun dan persawahan menghampar hijau membuatmu betah berlama-lama di tempat ini.

Di tempat ini pula kamu bisa berpose dengan background bukit hijau yang memukau. Belum lagi saat matahari tenggelam yang akan menambah keindahan dari tempat ini. Saat tidak banyak pengunjung yang mengujungi tempat ini, kamu bisa mendapatkan suasana tenang yang nyaman. Tak jarang tempat ini mulai dijadikan spot bagi para photographer.

Foto Featured: instagram @asilredbrick

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.