Wisata Indonesia

5 Pantai di Bali Ini Punya Pemandangan Sunset Terindah

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Semburat jingga yang mewarnai pantai-pantai di Bali menambah eksotisme langit Pulau Dewata di kala sore. Tak sedikit turis yang berburu pemandangan indah ini. Seolah menghabiskan liburan tak lengkap tanpa menikmati harmonisasi segudang warna oranye, kuning, merah muda, dan ungu di langit Bali.

Agar tidak ketinggalan menyaksikan momen romantis sunset di kaki langit Bali, Kesiniaja.com mengulas pantai di Bali yang menyajikan pengalaman menikmati matahari tenggelam terindah yang pernah ada. Yuk, simak ulasannya berikut.

1. Perpaduan Sunset, Pura Uluwatu, dan Tari Kecak yang Menawan

Foto: instagram @mt_sode

Foto: instagram @mt_sode

Menyaksikan matahari terbenam di Pura Uluwatu memang menjadi sebuah eksotisme tersendiri. Bertengger di ujung tebing yang menjulang tinggi di tepi samudera, pura ini menawarkan hamparan cakrawala nan elok.

Suasana dramatis makin hidup tatkala pertunjukan Tari Kecak yang mengangkat kisah cinta Rama dan Shinta digelar saat menjelang matahari tenggelam. Langit kemerahan yang berpadu dengan arsitektur megah serta dilengkapi sendratari nan anggun. Siapa yang tidak akan terpukau akan keindahan alam serta budaya yang begitu kental dan luhur ini.

Terletak di Desa Pecatu yang berjarak sekitar 25 km dari Kuta ini dapat ditempuh selama satu jam perjalanan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pura Uluwatu ini sekitar pukul 16.00. Untuk masuk ke areal Pura, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 20 ribu, sedangkan untuk tiket Tari Kecak seharga Rp 100 ribu.

2. Rahasia Sunset Milik Tanah Lot

Foto: instagram @wahyu_wt

Foto: instagram @wahyu_wt

Tanah Lot memang sudah tidak asing lagi dikenal sebagai tujuan wisata saat di Pulau Bali. Tanah Lot tidak hanya sebuah pura yang berdiri megah nan anggun untuk dinikmati keindahan arsitekturnya. Candi yang berada di sebuah batuan besar ini akan menjelma bak siluet indah saat langit telah menjelma kemerah-merahan, pertanda matahari akan mulai tenggelam. Uniknya, saat laut pasang, pura ini seakan berada di tengah lautan.

Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini pada pukul 17.00. Untuk memasuki areal ini Anda akan dikenakan biaya Rp 20 ribu. Pura yang berada di Jalan Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan ini berjarak 13 km ke arah barat dari Kota Tabanan.

3. Air Terjun di Pantai Melasti Menyihir Matahari Tenggelam

Foto: instagram @rizkadwirahma

Foto: instagram @rizkadwirahma

Tidak hanya Pacitan dan Jogja yang memiliki air terjun yang langsung jatuh ke pantai. Pantai Melasti yang berada di Bali pun memiliki air terjun yang langsung jatuh menuju bibir pantai. Selain fenomena yang jarang dimiliki sebuah pantai, tempat ini juga menyajikan panorama tebing kapur di sepanjang perjalanannya.

Liburan semakin eksotis karena sepanjang perjalanan Anda bakal menyaksikan fenomena lautan yang menyatu dengan langit beremburat jingga. Pantai ini memang disebut-sebut sebagai pantai yang paling menarik di bagian selatan Pulau Bali.

Pantai ini memang lebih populer di kalangan fotografer, sebab keindahan formasi tebing batu yang menjulang tinggi sekitar 100-150 meter sangat layak untuk diabadikan. Pantai yang pernah digunakan sebagai lokasi shooting film hollywood ‘Eat Pray Love’ ini berada di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali dan berjarak sekitar 30 menit dari Pusat Kota Denpasar.

4. Antara Sunset dan Keheningan di Pantai Batu Belig

Foto: instagram @ssoeileen

Foto: instagram @ssoeileen

Menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk keramaian wisatawan di Bali bisa Anda dapatkan di Pantai Batu Belig. Berada di Seminyak, Bali, pantai ini akan menyambut Anda dengan jejeran kursi-kursi di sepanjang garis pantai. Kursi-kursi ini bisa menjadi tempat untuk Anda melepas penat sembari menikmati keindahan fenomena tenggelamnya matahari ditelan oleh lautan.

Pantai yang berada di daerah Kerobokan ini memang belum banyak dikunjungi wisatawan meski letaknya berdekatan dengan Pantai Petitenget. Fenomena sunset terindah di sini akan dilengkapi dengan deburan ombak yang tenang serta hilir mudik sedikit wisatawan yang tengah belajar menunggang kuda.

5. Menikmati Sunset Tanpa Kesepian di Pantai Mesari

Foto: instagram @auliya_husnul_khuluk

Foto: instagram @auliya_husnul_khuluk

Berbeda dengan Pantai Batu Belig yang menawarkan ketenangan, Pantai Mesari ini ditujukan untuk Anda yang menyukai keramaian. Di sini Anda bisa menikmati matahari terbenam di tengah keramaian para pengunjung lain. Oleh karenanya Anda tidak akan merasa kesepian jika hanya seorang diri. Pantai yang berada di Seminyak ini memiliki pasir putih dengan bibir pantai yang panjang. Pantai Mesari ini juga dikenal dengan nama Pantai Double Six. Pantai berpasir putih ini merupakan salah satu tempat paling ramai dikarenakan banyaknya tempat nongkrong di tepi pantai.

Itulah kelima spot terbaik untuk menikmati matahari tenggelam di Pulau Bali yang layak untuk Anda jadikan destinasi berlibur.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.