Wisata Indonesia

Bukit Kapur Arosbaya; Sensasi Antelope Canyon Milik Indonesia

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Bukit Kapur Arosbaya merupakan tambang kapur yang tiba-tiba menjadi ramai dikunjungi para wisatawan. Selain Bukit Jaddih, ternyata Pulau Madura memiliki bukit kapur yang hits lainnya. Bukit Kapur Arosbaya ini lah tempatnya.

Berlokasi di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya. Lokasinya yang berdekatan dengan makam Air Mata Ibu membuat tempat ini cukup mudah ditemui, sebab makam Air Mata Ibu sudah cukup populer di Madura. Untuk tiba di Bukit Kapur Arosbaya, wisatawan harus melalui gang kecil dengan jarak sekitar 500 meter dari gerbang masuk Air Mata Ibu.

Wisatawan disarankan untuk memarkir mobil di lokasi gerbang masuk makam Air Mata Ibu, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalanan sempit tersebut. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan dikenai biaya Rp 5.000 per orang.

Kesiniaja.com/Feti Habsari

Saat hujan turun, tempat ini akan menjadi becek dan tampak banyak genangan di beberapa sudutnya. Selain itu, sampah pun seolah merusak keindahan tempat yang terkesan tidak terawat ini. Tidak tersedianya sarana tempat sampah tampaknya membuat kesadaran menjaga keindahan di tempat ini agak diabaikan oleh beberpa pihak.

Saat memasuki kawasan bukit kapur lebih dalam, wisataan akan menemui beberapa tangga untuk naik ke atas tebing. Untuk menaikinya dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra, sebab tangga hasil pahatan tambang ini sangat curam dan tanpa pegangan.

Perbedaan Bukit Kapur Arosbaya dengan Bukit Kapur Jaddih terletak pada warnanya. Jika di Jaddih kita akan menemui warna putih di mana-mana, di Bukit Kapur Arosbaya ini didominasi oleh warna cokelat.

Kesiniaja.com/Feti Habsari

Tempat ini memang cukup eksotis dijadikan spot bagi pecinta fotografi. Latar belakang berwarna cokelat dipadu dengan hijaunya ilalang sekitar akan menampakkan keeksotisannya tersendiri. Belum lagi lorong-lorong buatan yang tercipta mengesankan keunikan yang menarik. Tidak salah jika mengingatkan pada sensasi layaknya berada di Antelope Canyon Arizona.

Tempat ini masih merupakan kawasan tambang kapur aktif, maka kita akan menemui para penambang kapur dan beberapa warga yang tengah memahat dinding kapur dengan peralatan sederhana. Bekas pahatan-pahatan pada dinding kapur inilah yang menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

foto featured: dailyvoyagers.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.