Wisata Indonesia

Bukit Moko, Tempat Asik Melihat Ekostisme Kota Bandung dari Ketinggian

Written by Yaya Art

Kesiniaja.com – Berada di Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bukit Moko yang memiliki ketinggian 1500Mdpl menjadi sangat populer dikalangan para traveller khususnya anak-anak muda Bandung. Bagaimana tidak, selain panorama alamnya indah, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pada setiap akhir pekan terutama malam minggu apalagi di waktu musim liburan tiba, pengunjung membludak ke tempat ini. Jadi, jika kamu ingin puas menikmati alam, sebaiknya berkunjunglah pada saat weekday agar suasana sepi dan ketenangan mudah kamu temukan di tempat ini.

Berada di ketinggian dan dipenuhi hutan pinus sebagai penghiasnya, tempat wisata ini termasuk daerah yang memliki cuaca sejuk khas pegunungan, sehingga jangan heran jika kawasan wisata ini selalu tampak diselimuti kabut tebal di waktu pagi, menjelang sore dan di malam hari. Nah, bagi kamu yang tidak kuat dingin, sebaiknya gunakanlah jaket tebal saat ingin mengunjungi tempat ini ya.

Keindahan yang disajikan dari Bukit Moko memang sangat indah, ada beberapa cara menikmatinya. Jika kamu ingin melihat pemandangan senja yang menakjubkan, datanglah pada sore hari sebelum matahari terbenam karena kamu akan disuguhkan pertunjukan cakarawala menelan matahari dengan indahnya. Lalu bila kamu ingin melihat hamparan kabut tebal yang indah yang menutupi langit-langit Kota Bandung datanglah sebelum jam 04.00 pagi, maka kamu akan disuguhkan mentari yang muncul malu-malu dari celah-celah kabut yang tebal.

Jika kamu ingin ke sini, dari teminal Cicaheum kamu bisa mengambil rute dari Jalan Padasuka (Saung Mang Udjo) lurus sampai ketemu dengan Caringin Tilu. Jalurnya semakin ke atas semakin menanjak sampai bertemu dengan belokan arah kiri yang menanjak dengan penunjuk Warung Daweung.

Walaupun jalannya relatif aman dan rapi, kamu tetap harus hati-hati karenaada beberapa bagian jalan yang agak rusak dan licin. Lokasi parkir sudah disediakan di bagian bawah. Atau jika kamu yakin kendaraanmu dalam performa yang bagus, kamu bisa langsung keatas dengan memarkirkan kendaraanmu di halaman Warung Daweung yang letaknya lebih dekat dengan Bukit Moko. Adapun harga tiket masuk sebesar Rp.8.000/orang. Namun jika kamu ingin mau masuk ke lokasi Warung Daweung/Moko harus bayar tiket masuk Rp.10.000. Warung Daweung sendiri adalah satu-satunya warung yang ada di Bukit Moko.

Foto dari arifinevan7.blogspot.co.id

Foto dari arifinevan7.blogspot.co.id

Pastikan kondisi kendaraan yang kamu bawa dalam keadaan baik dan cukup bahan bakar. Karena tidak ada satu pun pom bensin selama perjalanan menuju Bukit Moko. Hati-hati juga dengan beberapa ruas jalan yang tidak memiliki pembatas.

Jika kamu masih kurang puas, kamu bisa menanjak lagi ke atas lagi, yakni ke Puncak Bintang. Puncak Bintang sendiri merupakan puncak tertinggi Bukit Moko yang berada pada ketinggian 1442 mdpl. Kenapa disebut puncak Bintang? mungkin karena terdapat ikon Bintang Besar di salah satu area yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung. Kegiatan yang bisa dilakukan di Puncak Bintang adalah Kemping, menyaksikan sunset, dan memetik tomat.

Bagi kamu yang ingin menuju tempat ini tetap jaga kelestarian lingkungan ya, dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Foto featured dari arifinevan7.blogspot.co.id

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Yaya Art

Chasing sunsets around the world : island life