Wisata Indonesia

Berpose Layaknya di Bukit Teletubis ini Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Candi Abang

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Sudah pernah melihat bukit teletubis secara langsung dan bahkan berpose di tempat tersebut? Jogja punya nih spot asik layaknya bukit teletubis yang bisa kamu jadikan tempat berpose yang kece.

Terletak di Sleman, Yogyakarta, candi yang satu ini lebih dikenal sebagai bukit teletubis karena bentuknya yang mirip bukit teletubis. Berbentuk piramid yang terbuat dari batu bata merah dan diselimuti oleh rerumputan hijau, candi ini sungguh berbeda dari candi lainnya yang terbentuk dari batuan andesit dan berbentuk bangunan dengan aneka relief.

Hijaunya Candi Abang IG @fetihabsari

Hijaunya Candi Abang IG @fetihabsari

Candi Abang merupakan candi Hindu yang sudah tidak berbentuk layaknya bangunan candi. Meski begitu, keindahan dan sejarahnya tidak lenyap begitu saja. Penampakannya yang berbeda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Terbentuk dari batu bata merah inilah yang membuat candi ini disebut sebagai Candi Abang. Dalam bahasa jawa, abang berarti merah.

Candi yang berada di atas bukit ini menyajikan pemandangan perkotaan dengan hamparan sawah yang memanjakan mata. Dari atas sini kamu bisa memandang hamparan kota Yogyakarta dari atas bukit dengan suasana tenang dan semilir angin sejuk. Lingkungan sekitar yang masih serasa alam pedesaan dengan dikelilingi banyak kebun dan persawahan menghampar hijau membuatmu betah berlama-lama di tempat ini.

Di tempat ini pula kamu bisa berpose dengan background bukit hijau yang memukau. Belum lagi saat matahari tenggelam yang akan menambah keindahan dari tempat ini. Saat tidak banyak pengunjung yang mengujungi tempat ini, kamu bisa mendapatkan suasana tenang yang nyaman. Tak jarang tempat ini mulai dijadikan spot bagi para photographer.

Foto dari IG @asilredbrick

Foto dari IG @asilredbrick

Untuk menikmati tempat ini kamu tidak akan dikenakan biaya masuk, hanya membayar biaya parkir. Menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraam pribadi melalui jalan raya Jogja-Piyungan. Berjarak sekitar sekitar 20 menit dari pusat Kota Jogja, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum yaitu bus yang melewati Jalan Raya Jogja-Piyungan. Tiba di parkiran kamu harus melanjutkan berjalan kaki melewati jalan setapak menanjak dan berbatu untuk sampai ke puncak bukit.

Sebelum tiba di parkiran Candi Abang, kamu akan menemukan sebuah petunjuk menuju Goa Sentono. Ada baiknya mampir kesini dulu sebab di Goa Sentono ini pun tidak memungut biaya masuk, bahkan tidak ada penjaga dan terbilang masih jarang dijamah para pengunjung.

Goa Sentono IG @fetihabsari

Goa Sentono IG @fetihabsari

Gua yang terbuat dari batu alam ini terdiri dari tiga ceruk yang digunakan sebagai tempat pertapaan umat hindu. Di dalam ketiga ceruk tersebut masing-masing berisikan lingga yoni dan sebuah lubang pembakaran sebagai tempat persembahan. Terdapat pula relief trimurti dan relief meru atau gunung. Goa ini dikelilingi oleh hutan di sekelilingnya.

Jangan lupa membawa perbekalan makan dan minuman, sebab di tempat ini kamu tidak akan menemukan pedagang makanan atau pun minuman.

Kebayang kan bagaimana panorama dan suasananya yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh tangan-tanga jahil manusia? Buat kamu yang ingin merasakan suasana pedesaan tenang dan indah, wajib banget deh datang ke tempat ini.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.