Wisata Indonesia

Byurr! Inilah 6 Umbul Keren di Klaten yang Wajib Kamu Datangi!

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Wisata mata air atau yang sering disebut umbul, kini menjadi salah satu alternatif wisatawan untuk bermain air, keindahan dan kesegaran bawah airnya membuat wisatawan dapat berenang menjelajahi birunya sumber mata air. Ada beberapa wisata sumber mata air di Indonesia, salah satunya yang sedang nge-hits dikalangan anak muda adalah Klaten.

Kepopuleran karena alamnya memiliki sumber mata air, menjadikan Klaten dikenal sebagai “Negri seribu umbul”. Menurut penelitian dari Fakultas MIPA UNS, diketahui bahwa Klaten setidaknya memiliki 191 mata air, yang tersebar di 17 kecamatan di Klaten. Namun yang akan dibahas kali ini adalah wisata Umbul yang bisa dijadikan tempat untuk bermain. Berikut 6 wisata umbul keren yang berada di Klaten:

1. Berfoto Underwater Unik di Umbul Ponggok

Rasanya umbul yang satu ini cikal-bakal munculnya wisata umbul lain. Salah satu wisata umbul yang paling terkenal di Klaten adalah Umbul Ponggok ini. Di kolam renang alami ini kalian bisa merasakan berenang bersama kumpulan ikan air tawar yang warna-warni serta bervariasi ukurannya. Dijamin asyik! Kegiatan nyebur kalian akan tambah seru, karena di Umbul Ponggok terdapat beberapa properti yang sengaja disimpan di dasar kolam untuk melengkapi foto-foto kalian, diantaranya tenda, kursi, sepeda, televisi, sampai dengan motor ada disini. Unik ya?!

Asiknya nyebur bareng ikan-ikan | foto: instagram @nicopurnomoo

Asiknya nyebur bareng ikan-ikan | foto: instagram @nicopurnomoo

Bagi kalian yang kurang mahir berenang tidak perlu takut, karena berenang bahkan menyelam di sini lebih aman dibandingkan di laut sana. Tanpa arus laut ataupun ombak, serta tentunya dengan air yang super jernih! Umbul ini bisa kalian kunjungi tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta yakni di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul cantik yang dibuka untuk umum mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB ini, bisa kalian tempuh dalam 1 jam perjalanan saja dari Yogyakarta. (Cek rutenya di sini!)

2. Umbul Manten yang Hits Untuk Foto Pre-Wedding

Jika kalian pergi ke Umbul Ponggok, terdapat sebuah umbul lain yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Yap, Umbul Manten. Kolam air alami yang dulunya hanya dimanfaatkan warga setempat untuk pengairan lahan pertanian dan budidaya ikan air tawar ini nyatanya tengah hits di kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang datang karena ingin menjajal segarnya air di Umbul Manten ini.

Umbul Manten, sebening gelas kaca! | foto: instagram @laliadus

Umbul Manten, sebening gelas kaca! | foto: instagram @laliadus

Umbul ini sudah ‘disulap’ menjadi tempat wisata air yang asyik, walaupun belum terlalu dikelola secara baik. Tapi tak perlu khawatir, dijamin kalian akan ketagihan dengan segarnya air di sini. Umbul nan cantik ini terletak tak jauh dari Umbul Ponggok yaitu di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tertarik untuk nyebur di sini?

3. Umbul Nilo, Umbul Terjernih di Klaten

Kedua umbul sebelumnya memang sudah ramai dikunjungi wisatawan, berbeda dengan umbul yang satu ini. Kamu dapat menikmati sensasi segarnya air di Umbul Nilo yang belum terlalu ramai dikunjungi. Kealamian umbul ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka dengan tempat wisata yang masih asri dan sepi. Mungkin lokasi yang agak tersembunyi dan minim penunjuk jalan menjadikan Umbul Nilo masih jarang dikunjungi. Menurut beberapa pengunjung, umbul ini adalah umbul yang paling jernih airnya.

Menyelami Umbul Nilo | foto: instagram @richkeyzarief23

Menyelami Umbul Nilo | foto: instagram @richkeyzarief23

Jernihnya Umbul Nilo yang terletak di Desa Tulung ini memungkinkan kita untuk melihat bebatuan yang berada di dasar kolam hanya dengan berdiri di ujung kolam. Bening bak gelas kaca! Selain itu, kalian juga dapat menjumpai banyak ikan Nila di sini. Apakah mungkin itu cikal-bakal umbul ini disebut Umbul Nilo ya? Dengan membayar Rp. 5.000 untuk tiket masuk dan Rp. 2.000 untuk parkir, kalian sudah bisa nyebur sambil berfoto underwater di Umbul Nilo. Jika kalian tertarik, yuk segera melancong ke Klaten! (Lokasi Umbul Nilo via Google Maps, cek di sini!)

4. Rasakan Segarnya Umbul Si Gedang dan Umbul Kapilaler

Umbul yang satu ini memiliki banyak manfaat sejak jaman dahulu hingga sekarang. Masyarakat sekitar memang menjadikan tempat mandi mereka. Air yang jernih ini konon juga katanya merupakan tempat pemandian putri, loh! Bebatuan dan tanah mendominasi dasar kolam alami yang berada di Kelurahan Karanglo, Polanharjo ini.

umbul-kapilaler

Foto dari instagram @ageng_sanjaya

Kolam dengan air sejernih cermin ini berada tak jauh dari sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk air minum. Selain untuk air minum warga lokal, sumber air disini digunakan juga oleh perusahaan minuman ternama di Indonesia. Oleh sebab itu, penggunaan sabun dan deterjen sangat dilarang digunakan di tempat ini, khsusnya saat berada di kolam. Lokasi yang tidak terlalu besar namun nyaman dan rindang ini memang berada tepat di bawah rimbunnya pohon beringin. Dijamin kalian betah di sini!

5. Nyebur di Waterboom ala Umbul Cokro

Umbul yang satu ini pasti digemari para anak-anak, sebab di sini tersedia water-sliding, kolam, sampai taman air. Seru ya? Umbul Cokro terletak di tepi aliran Kali Busur, Kecamatan Tulung, Klaten dalam area seluas 15.000 meter. Jika kalian sedang berada di Solo, perjalanan bisa kalian tempuh dengan mudah dalam jarak kurang lebih 15 km dengan rute Solo – Kartosuro – Cokro.

Foto dari Instagram @endy_langobelen

Foto dari Instagram @endy_langobelen

Masyarakat setempat biasa menyebut kolam renang alami ini dengan nama Waterboom Cokro. Memang umbul yang satu ini mirip dengan waterboom. Kesegaran dan keseruan fasilitas di sini bisa kalian nikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 11.500 untuk hari libur dan Rp. 7.500 untuk hari biasa. Harga yang pas untuk menjajal kesegaran dan kerindangan alam di Umbul Cokro.

6. Umbul Jalatunda yang Bening dari Jaman Kolonial Belanda Hingga Sekarang

Berenang di kolam bersama puluhan ikan-ikan lucu? Wah, pasti seru! Selain berwisata ke Umbul Ponggok, kalian wajib cuma menjajal umbul yang satu ini. Konon, Umbul Jalatunda ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1924 dan tidak terlalu banyak perubahan hingga sekarang.

jolotundo

Foto dari Instagram @umbuljolotundo

Umbul yang berada di Kecamatan Jatinom, tepatnya sekitar 10 kilometer utara Kota Klaten ini memiliki kolam yang berbeda tingkat kedalamannya dan bersekat dinding batu. Untuk dapat berenang di sini, kalian hanya butuh membayar Rp. 3.000 saja. Sangat murah, bukan?

Nah, itulah beberapa wisata umbul yang ada di Klaten. Jika kalian sedang ke Klaten, jangan lupa untuk mencoba beberapa diantaranya ya!

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati