Wisata Indonesia

Celebes Canyon,Tebing Batu Cadas dan Jernihnya Aliran Sungai

Written by Imam Widhy

Kesiniaja.com – Celebes Canyon merupakan satu dari kecantikan alam Sulawesi Selatan berupa air terjun dengan bebatuan eksotis di sekelilingnya yang menjadi surga bagi para pemburu tempat-tempat indah. Lokasi ini masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun, seiring dengan beredarnya foto-foto kecepengunjung, tempat ini pun mulai dibanjiri wisatawan. Celebes Canyon bukanlah tebing bebatuan pertama Indonesia yang disebut canyon karena mirip dengan yang ada di Amerika. Sebut saja, Tambang Arosbaya Madura atau Brown Canyonyang ada di Semarang.

Belum Ada Fasilitas yang Memadai

Lokasi indah ini belum sepenuhnya dibuka menjadi tempat wisata. Sehingga jelas tak ada fasilitas yang memadai seperti toilet, kantin, bahkan tempat sampah. Karenanya, bagi kamu yang punya rencana berkunjung, siapkan cemilan dan minuman sendiri. Dan jangan lupa, bawa pulang kembali bawaanmu yang manjadi sampah. Sebagai traveler yang baik, sudah tugas dan kewajiban kita menjaga kebersihan dan kelestarian wisata yang dikunjungi. Tak hanya bisa bermain air di siang hari, di sini juga bisa camping dan mendirikan tenda. Kebayang kan menikmati langit malam yang berbintang ditemani dengan suara gemericik air yang menenangkan?

Belum ada fasilitas memadai
Belum ada fasilitas memadai [image source]

Rute Menuju Celebes Canyon

Celebes Canyon berada di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kab. Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke daerah ini tidaklah susah. Dari Makassar langsung saja menuju ke arah Kabupaten Barru melewati Maros. Setelah itu perjalanan dilanjutkan lagi menuju ke Kabupaten Barru melalui Jalan Pangkajene hingga ke Kecamatan Tanete Riaja, Desa Libureng. Nanti akan ada petunjuk jalan yang akan mengarahkan hingga ke lokasi. Letak tepatnya berada di Sungai Ule yang masih alami. Maka pantas saja air yang mengalir di canyon ini berawarna biru dan hijau segar.

Wisata Lain di Sekitarnya

Air Terjun Waesai
Air Terjun Waesai [image source]

Menikmati keindahan alam memang tak ada puasnya. Keeksotisan Celebes Canyon memang sangat menakjubkan, tapi tak ada salahnya untu mengeksplor wisata sekitar lainnya yang tak kalah cantik. Berjarak sekiat 20 menitan berkendara dari Canyon ke arah daerah Lompo Riaja, kamu bisa mengagumi Air Terjun Waesai. Tak hanya itu, jika masih punya banyak waktu tak ada salahnya mengarahkan kendaraan ke arah Sumpang Binangae dan menunggu sunset di Pantai Ujung Batu.

Pantai Ujung Batu
Pantai Ujung Batu [image source]

Kuliner Sulawesi Selatan yang Wajib Dicoba

Mie Titi
Mie Titi [image source]

Mencicipi makanan setempat dari daerah yang kita kunjungi bisa dibilang agenda wajib saat traveling. Saat berkunjung ke Sulawesi Selatan, hidangan yang terbayang pasti Sop Konro dan Coto Makassar yang lezatnya sudah melegenda. Padahal ada banyak sajian khas lain yang bisa dicoba. Di antaranya adalah Mie Titi yang kriuk dengan siraman kuah kental bersama sayurannya. Selain itu ada cemilang Jalangkote yang mirip dengan pastel. Coba dan cari sendiri perbedaannya, deh.

Lokasi: Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kab. Barru, Provinsi Sulawesi Selatan

Wah, mumpung lagi musim kemarau dan panas-panasnya, boleh banget nih ngadem sambil basah-basahan di Celebes Canyon. Bagaimana, setuju kan?

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Imam Widhy

Tujuan Jalan-Jalan adalah Perjalanannya.