Wisata Indonesia

Curug Malela, Inilah Keindahan Niagara Mini Milik Bandung Barat

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Tak hanya Amerika, ternyata Bandung juga punya ‘Niagara’, lho! Meskipun ini adalah versi mini dari aslinya, namun dijamin air terjun yang satu ini juga sama cantiknya. Tinggi, deras dan memesona, inilah ciri khas dari air terjun yang dikenal dengan nama Curug Malela ini.

Curug yang merupakan sebutan untuk air terjun dalam bahasa Sunda ini memang banyak tersebar di daerah Bandung, salah satunya Curug Malela yang terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Meskipun berjarak cukup jauh dari pusat Kota Bandung, namun curug ini selalu menjadi sasaran wisatawan saat berkunjung ke Bandung Barat.

Air terjun berketinggian sekitar 60 meter ini terlihat sangat indah baik dari dekat atau jauh sekalipun. Tak seperti air terjun kebanyakan yang hanya memiliki satu terjunan, Curug Malela memiliki beberapa terjunan yang memukau dan melebar hingga 70 meter. Wow! Memang pantas sekali dijuluki Niagara Mini.

Tipe air terjun yang deras ini memang begitu megah jika disaksikan dari dekat, bak terjunan yang memiliki deburan air yang luar biasa kuat. Jika hari sedang hujan, tak jarang Curug Malela berubah menjadi berbahaya karena ancaman debit air yang meningkat dan berpotensi banjir bandang. So, tetaplah waspada!

Foto: instagram.com/m_ridho47

Tak hanya indah saat dilihat dari dekat, kamu juga dapat menikmati kemolekan Curug Malela dari gardu pandang di kejauhan. Pemandangan curug ini tetap terlihat menonjol diantara hamparan perbukitan yang menghijau, seperti kapas yang melayang dan mengalir di antara rimbunnya perbukitan nan asri.

Cantik namun tersembunyi, lokasi menuju Curug Malela bisa jadi menantang nyalimu untuk berjuang demi sebuah keindahan. Bagai terisolir dari dunia luar, curug ini dapat dicapai dengan terlebih dahulu trekking sejauh 10 kilometer melalui hutan yang menghijau dan cenderung licin saat musim hujan.

Pada 5,5 kilometer terakhir, kamu akan menemukan jalur trekking yang sungguh menantang dengan medan tanah berbatu yang menurun saat datang. Berhati-hatilah saat menuruni trek, jika alas kakimu kurang nyaman bukan tidak mungkin kamu akan tergelincir. Serta bersiaplah untuk mendaki saat jalan pulang, memang dibutuhkan fisik yang fit untuk menuju kemari.

Untuk mencapai Curug Malela, kamu dapat melewati jalur Cimahi — Batujajar — Cihampelas — Cililin — Sindang Kerta — Gunung Halu — Buni Jaya — Curug Malela. Jika kamu ingin menikmati kejernihan air di Curug Malela, datanglah di musim kering. Karena saat musim hujan air di curug biasanya berubah menjadi agak keruh. Selamat bertualang!

Foto featured: tempatwisatadibandung.info

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati