Wisata Indonesia

Keindahan Danau Kaco Jambi yang Memukau, Biru Telaganya Sebening Kaca

Written by Astri Erlina

Kesiniaja.com – Indonesia memiliki berbagai macam keindahan dan keunikan alam yang mampu membuat siapapun takjub, salah satunya dapat di temukan di Jambi. Terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi ada sebuah Danau yang berada di tengah hutan dengan berbagai cerita mistis yang menyelimutinya.

Lokasi Danau Kaco berada di Kecamatan Gunung Raya, Provinsi Jambi, tepatnya di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, di Desa Lembur. Lokasi danau ini tergolong cukup terpencil, yaitu ada di tengah hutan hijau di daerah Desa Lembur. Untuk sampai ke lokasi danau kaco, kamu harus bersusah payah terlebih dahulu.

Danau Kaco dalam bahasa Indonesia berarti kaca. Danau kaco ini memang mempunyai air yang sangat bening seperti kaca dan berwarna kebiruan. Luas danau ini terbilang kecil yaitu hanya sekitar 30 x 30 meter, namun danau kaco bisa menyuguhkan keindahan dan keunikannya tersendiri lho. Mungkin jika kamu pernah ke Telaga Sunyi yang ada di Purwokerto, diameter danau mirip, namun warna biru air di Danau Kaco ini sangat mentereng dan beningnya kebangetan.

Foto dari IG @ricoyuliyanto

Foto dari IG @ricoyuliyanto

Lahirnya Danau Kaco ini bermula dari mitos tentang seorang putri cantik yang ingin dipinang oleh banyak pemuda. Tanpa ragu mereka menitipkan bebatuan mulia pada Raja Gagak, ayah sang putri. Akan tetapi, karena banyaknya pemuda yang melamar, sang puteri menjadi lupa diri dan mengingkari setiap pemuda yang melamarnya. Ayah sang puteri yaitu Raja Gagak pun akhirnya menenggelamkan puterinya sendiri beserta seluruh harta lamaran dari banyak pemuda yang diterimanya di danau ini. Sehingga banyak yang mengatakan beningnya danau tersebut terjadi karena pancaran batu mulia yang tenggelam didalamnya.

Bagaimana Cara Menuju Danau Kaco Jambi?

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Jambi, pertama-tama kamu harus menuju ke daerah Sungai Penuh terlebih dahulu. Dari Kota Jambi ke Sungai Penuh, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 Jam. Sesampainya di sungai penuh, kamu harus melanjutkan perjalanan ke daerah Desa Lempur yang ada di Kecamatan Gunung raya yang membutuhkan sekitar 45 menit untuk menempuh lokasi ini.

Setelah berada di Desa Lempur, disarankan kamu untuk beristirahat terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan untuk menuju ke lokasi Danau Kaco, kamu butuh banyak tenaga untuk berjalan kaki selama lebih dari 4 jam perjalanan. Ingat ya, Jalan menuju surga itu tidaklah mudah bukan? Sebelum kamu menikmati keindahan danau ini, kamu cukup membayar tiket seharga Rp. 10.000 saja

Untuk menuju Danau Kaco, sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide yang telah benar-benar mengetahui lokasi objek wisata di jambi ini. Ini dilakukan supaya kamu dan rombongan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat di dalam hutan. Konon katanya, jika tidak ditemani oleh warga asli disini, maka kamu tidak akan bisa keluar dari hutan. Entah memang misterinya seperti itu atau memang hanya bagian dari “menakutkan pengunjung”, sebaiknya memang harus gunakan guide, disatu sisi kita aman, disisi lainya kita turut membantu menyejahterakan masyarakat sekitar.

Sesampainya di Danau, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa, beningnya danau kaco ini dijamin akan menyilaukan matamu. Birunya danau berbalut dengan pepohonan yang rindang disertai dengan kesejukan udaranya dijamin mampu menghilangkan rasa lelahmu. Sampai saat ini masih belum ada yang tau persis berapa meter kedalaman danau ini.

Sumber Foto Dari IG aamelliiaa

Sumber Foto Dari IG aamelliiaa

Walaupun sangat dalam, kamu masih bisa melihat ratusan bahkan ribuan ikan semah yang berlalu lalang mencari makan yang menambah kecantikan danau ini. Danau Koco memiliki keajaiban dan keunikan lainya juga lho, danau kaco memancarkan cahaya yang terang saat gelap gulita, apalagi saat bulan purnama. Kebanyakan pengunjung lebih memilih untuk bermalam disini, tujuannya selain melepas lelah adalah melihat keajaiban terangnya danau kaco yang memancarkan cahaya.

Kegiatan utama yang bisa kamu lakukan selain menenangkan diri, kamu juga bisa berenang didanau ini lho, menikmati kesejukan air yang alami dengan pemandangan bawah air yang terlihat dengan sangat jelas. Ketika berenang, kamu akan merasa berenang bersama banyak ikan dan pepohonan tumbang yang terlihat sangat jelas di dalam air danau, namun pastikan bahwa kamu bisa berenang ya! Jika tidak, kamu bisa melakukan aktivitas bersantai di hammock sambil menikmati segarnya udara di sekitar danau.

Setelah lelah berenang dan menyelami indahnya air danau bening ini, kamu bisa segera membuka perbekalan yang sudah disiapkan dan menyantapnya di pinggir danau biru yang bening ini. Menyantap makanan ditemani suara-sura khas binatang hutan yang alami akan menjadi rekreasi yang sangat menenangkan batin.

Sumber Foto Dari IG imronsatya

Sumber Foto Dari IG imronsatya

 

Foto dari @m.hadiseptian

Foto dari @m.hadiseptian

Dengan lokasi yang cukup luas dan terbuka di pinggir danau, kamu bisa berkemah di samping danaunya. Bermalam di sebuah hutan dengan pemandangan danau yang indah ini akan menjadikan pengalaman langkamu bukan? Untuk kamu yang berkunjung kesini, tetaplah jaga kesopanan dan jangan buang sampah sembarangan ya!

Dibalik keindahan Danau Kaco menyimpan banyak kisah misteri, Salah satunya ikan yang berada di dalam danau kaco tersebut tidak mau memakan pancingan ikan seperti cacing, akan tetapi ikan tersebut muncul jika diberi nasi.

Itulah penjelasan tentang ajaibnya Danau Koco yang berada di Kaki Gunung Kerinci, Jambi. Tertarik berpetualang menuju lokasi indah bak negeri dongeng ini? jangan lupa ajak teman kamu yak!

Credit foto cover dari IG @larasartikayahya

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love