Wisata Indonesia

Menikmati Semarang Dengan Nuansa Tionghoa di Kampung Pecinan

Written by Furi Rachmawati

Kesiniaja.comĀ – Selain Klenteng Sam Poo Kong yang menjadi tempat wisata favorit di kota Semarang, ada beberapa tempat wisata sejarah yang harus kamu kunjungi, yaitu Kampung Pecinan yang sudah berdiri sejak berabad-abad tahun yang lalu dihuni oleh warga keturunan Tionghoa.

Jika kamu memasuki kawasan pecinan maka akan terasa sekali budaya Tionghoa. Bagaimana tidak, hampir setiap jalan atau gang terdapat masing-masing kelenteng yang umurnya bisa dikatakan cukup tua. Salah satu kelenteng tertua adalah kelenteng Siu Hok Bio yang didirikan pada tahun 1753 sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diterima oleh penduduk sekitar Cap Kauw King.

Selain kelenteng kuno yang akan banyak kamu temukan ketika menyusuri gang di kawasan Pecinan ini, kamu juga akan menemukan masjid kuno yang masih berdiri tegak ditengah kawasan Tionghoa. Konon, Masjid Menyanan Kecil ini adalah peninggalan semasa zaman Pangeran Diponegoro. Di masjid tersebutlah para muslim Tionghoa beribadah.

Foto oleh hellosemarang.com

Selain napak tilas sejarah, kamu juga bisa menikmati kuliner non halal di Pasar Semawis yang masih berada dalam kawasan Kampung Pecinan. Kuliner yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari hidangan khas Tionghoa, oriental hingga makanan khas Semarang bisa didapat. Untuk kamu yang muslim, jika ingin berwisata kuliner di pasar ini, sebaiknya selalu memperhatikan kehalalan makanan yang ingin dibeli.

Foto featured: Instagram @lim_winasdy

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Furi Rachmawati

Travel will helps you imagine your feet in someone else's shoes.