Wisata Indonesia

Pantai Puncak Guha, Perpaduan Bukit dan Lautan Indah di Selatan Garut

puncak guha kesiniaja
Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Kamu ingin berwisata pantai yang sedikit berbeda dari biasanya? Tak melulu harus memijakan kaki di atas pasir, wisata pantai yang satu ini cukup unik dimana kamu akan berpijak di atas padang rumput nan hijau. Ya, inilah pesona yang ditawarkan oleh Pantai Puncak Guha milik Kota Garut yang tengah hits di media sosial.

Tepatnya di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdapat sebuah pantai yang kian dicari wisatawan sebab pernah terekspos dalam novel Perahu Kertas karya penulis ternama Dewi ‘Dee’ Lestari. Pantai Puncak Guha, tak salah jika dijadikan salah satu setting dalam novel karena memang pesonanya begitu unik dan menarik.

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya, yang biasanya dihiasi oleh lambaian nyiur di atas hamparan pasir pantai yang basah terkena gulungan ombak. Pantai ini malahan memanjakan wisatawan dengan liukan bukit yang indah dan memesona karena tertutupi oleh rerumputan, membentuk semenanjung kecil yang hijau memukau.

Foto: santaisaja.net

Akhiran ‘Guha’ dari bahasa Sunda berarti goa ini memang menggambarkan detail keunikan yang dimiliki pantai ini. Sebuah goa yang berada di tebing yang menghadap langsung ke lautan yang menjadi sarang ribuan kelelawar dan burung walet. Atraksi sekumpulan kelelawar keluar mencari makan pun menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan.

Tebing tinggi yang menjadi ciri khas Pantai Puncak Guha menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk menikmati matahari terbenam. Puncak tebing yang menghadap langsung ke Laut Selatan Jawa ini membuat suguhan sunset yang indah menjadi semakin syahdu karena berpadu dengan gelombang ombak yang berasal dari Samudera Hindia.

Foto: piknikasik.com

Padang rumput yang sering meranggas saat kemarau ini biasanya juga menjadi lokasi beberapa wisata yang hendak berkemah. Sebab, tidak ada penginapan yang berada tepat di pantai ini, hanya terdapat sebuah gazebo yang sengaja di bangun untuk tempat wisatawan beristirahat. Semilir angin dan aroma lautan sungguh memikat di sini.

Untuk mencapainya, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Garut melalui jalur Cikajang — Pameungpeuk — Rancabuaya. Memang pantai ini begitu dekat dengan Pantai Rancabuaya, hanya sekitar 2 kilometer saja. Biasanya wisatawan yang tak membawa perlengkapan kemah bisa menyewa penginapan di sekitar kawasan ini.

Selain dekat ke Pantai Rancabuaya, saat kamu melewati jalur Pameungpeuk dapat juga dijumpai beberapa pantai lain, seperti Pantai Cicalobak, Pantai Manalusu dan Pantai Santolo yang terkenal di Garut. Menarik bukan? Hanya dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5,000 saja kamu sudah dapat menikmati keindahan Pantai Puncak Guha ini. Yuk, ke sini aja!

Foto Featured: instagram.com/riougen

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati