Wisata Indonesia

Wisata Pabangbon, Rumah Pohon yang Lagi Hits di Bogor Barat

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Wisata rumah pohon kini memang sedang hits sebagai incaran para wisatawan, terutama para muda-mudi yang gemar selfie. Tak heran, sekarang ini kian banyak bermunculan wisata rumah pohon di mana-mana, tak terkecuali di Kota Hujan, Bogor.

Sebelumnya sempat booming wisata rumah pohon dan jembatan kayu Curug Ciherang yang cantik dan mampu membuat wisatawan melirik, kini Bogor punya lagi spot baru yang tak kalah asyik. Inilah Wisata Pabangbon, rumah pohon dengan panorama cantik dan menghijau yang dimiliki wilayah barat Kabupaten Bogor.

Indahnya Panorama Perbukitan Dari Atas Rumah Pohon

Bagi yang hobi berfoto, rasanya rumah pohon ini memang merupakan tujuan yang pas bagi kamu saat hari libur ataupun akhir pekan. Spot unik ini berada di Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang yang berada cukup jauh dari pusat kota Bogor.

Meskipun kamu harus menempuh jarak yang lumayan, tapi dijamin panorama yang akan kamu nikmati di sini mampu membayar rasa lelah kamu. Dari atas gardu pandang yang bertumpu pada pohon yang cukup besar ini kamu dapat merasakan semilir angin nan sejuk sekaligus hijaunya perbukitan.

Foto: instagram.com/alfinalians

Pemandangan ini tentunya akan menjadi latar belakang ber-selfie yang keren, pas sekali untuk menghias kolom Instagram kamu! Lokasi wisata yang belum banyak disambangi wisatawan ini mulai booming berkat muda-mudi yang mengunggah hasil jepretannya ke media sosial.

Tiket Masuk yang Murah dengan Pemandangan yang Wah!

Jika dilihat, wisata di Desa Pabangbon ini mirip dengan konsep wisata Omah Kayu yang berada di Malang. Jadi, kini para wisatawan yang berdomisili di Kota Bogor dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh untuk menjajal dan memotret foto selfie di atas rumah pohon yang unik dan fotogenik ini.

Ditambah lagi, tiket masuk ke kawasan wisata ini terbilang cukup murah hanya Rp. 5000 saja. Kamu dapat menelusur area yang masih asri ini, dengan pemandangan hutan pinus yang bisa digunakan untuk ngadem sambil hammocking. Jika kamu ingin berfoto di atas rumah pohon harus bersabar mengantri giliran saat pengunjung sedang ramai.

Rute Menuju Pabangbon yang Cukup Menantang

Rutenya menantang? Ya, memang untuk menuju rumah pohon yang unik ini cukup menantang sebab belum banyak petunjuk jalan yang menuntunmu untuk sampai ke lokasi. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua, karena akan mempercepat dan mempermudahmu sampai sampai ke tujuan.

Dari pusat Kota Bogor menuju Kecamatan Leuwiliang berjarak sekitar 25 kilometer atau bisa tempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 jam. Kamu dapat mengandalkan Google Maps jika ingin mencapai Jalan Raya Leuwiliang dengan melewati rute Jalan Raya Dramaga yang terkadang cukup macet.

Tak hanya dapat memulai perjalanan dari Bogor Kota, bagi kamu yang berdomisili di Jakarta atau Depok dapat melewati jalur Parung kemudian melalui Atang Sendjaya, kemudian menempuh jalur yang sama hingga sampai ke Leuwiliang. Pemandangan hijau akan terlihat saat kamu memasuki Kecamatan Leuwiliang menuju Pabangbon.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan Karacak yang berada sebelum Pasar Leuwiliang. Ambil rute ke kiri, jalan terus hingga terdapat jalan bercabang dan beloklah ke kanan di mana terdapat plang SMP 4 Leuwiliang atau menuju Desa Pabangbon. Rute yang mengarah ke daerah yang dikenal dengan Gunung Benteng ini didominasi tanjakan yang terjal tapi sudah beraspal baik.

Perjalananmu akan terus berlanjut hingga kamu menemukan hutan pinus nan sejuk di ujung jalan, tandanya kamu sudah sampai ke lokasi wisata yang juga dinamai Saung Panineungan ini. Jangan sungkan bertanya kepada warga sekitar jika kesulitan menemukan lokasinya, ya.

Di sekitaran area wisata terdapat beberapa warung kecil di mana kamu dapat membeli minum ataupun camilan. Tapi, jika kamu ingin merasakan momen yang berbeda, bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah yang bisa kamu nikmati sambil berteduh di saung atau tempat duduk dari batang pohon alami di tengah hutan pinus yang rindang. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alam sekitarnya agar tetap lestari. Selamat berwisata!

Foto Featured: instagram.com/sindydemontri

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati