Wisata Indonesia

Yuk, Ber-Selfie Penuh Warna di Kampung Jodipan, Malang!

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Ini dia tujuan menarik bagi kamu yang hobi wisata sambil selfie, Kampung Jodipan. Penasaran? Memangnya ada hal menarik apa di sebuah kampung? Ini bukan sembarangan kampung, namun lebih seperti sebuah miniatur pemukiman warna-warni yang terkenal di Rio de Janeiro, Brazil.

Sebuah pemukiman warga yang terletak di Kampung Juanda, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing di Kota Malang kian menjadi sorotan berkat keunikannya. Pasalnya, kampung ini tak ubahnya seperti pelangi yang berwarna-warni. Begitu cantik dan tentunya menarik!

Keindahan yang tak awam ditemukan di perkampungan ini tak luput dari ide brilliant para mahasiswa dan mahasiswi dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Mereka berhasil menuangkan kreatifitasnya untuk mengubah kawasan yang tadinya kumuh menjadi kampung cantik dan berwarna.

Foto: instagram.com/ratrinabila

Kini kampung ini menjadi destinasi unggulan yang ada di Kota Malang, terutama bagi para muda mudi yang doyan selfie. Mulai dari atap rumah, tembok sampai tangga semuanya dihias dengan warna-warna yang mencolok dan indah jika dijadikan background berfoto. Tak heran, banyak sekali yang kemari hanya untuk mengabadikan momen dalam jepretan foto.

Tak hanya penuh warna, kamu juga dapat meliat kreasi artistik dari tangan-tangan ‘ajaib’ yang mampu mengubah tembok di pemukiman ini penuh dengan lukisan yang menarik. Terdapat 91 rumah yang berhasil disulap oleh 10 tukang cat, TNI dan POLRI serta tentunya bantuan dari warga yang bermukim di Kampung Jodipan ini. Menarik bukan?

Meskipun berada di pinggiran Sungai Brantas, kawasan ini kian diminati para wisatawan lokal maupun luar kota. Spot yang paling favorit di sini adalah, berfoto di atas Jembatan Embong di mana kamu akan mendapatkan latar belakang Kampung Jodipan yang berwarna-warni dan aliran Sungai Brantas dari kejauhan. Dijamin foto kamu makin hits!

Untuk mencapai kampung ini tidaklah sulit, karena peta lokasinya sudah tercantum di GPS yakni berada 500 meter dari Stasiun Kota Malang. Dari sini, kamu bisa bisa menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi ke arah Selatan hingga melewati pom bensin di kanan jalan dan terdapat simpangan di bawah rel kereta. Ambil jalur kiri, lanjutkan hingga sampai ke Jembatan Embong Brantas.

Mudah dijangkau bukan dari pusat Kota Malang? Selain itu, kamu hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2000 saja. Murah bukan? Biaya parkir pun normal saja, yakni Rp. 2000 untuk motor, Rp. 5000 untuk mobil, dan Rp. 15.000—25.000 untuk bus pariwisata. Tunggu apa lagi? Yuk, siapkan kameramu dan berwisata ke Kampung Jodipan!

Foto Featured: Anandajati

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati