Wisata Indonesia

Yuk, Berpetualang ke Coban Sumber Pitu Pujon yang Menantang di Malang!

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Kota Malang memang telah menjadi ikon wisata yang mampu menarik wisatawan di Jawa Timur. Banyaknya ragam wisata yang ditawarkan memang menjadi daya tarik tersendiri, mulai dari wisata keluarga hingga wisata alam yang tergolong menantang seperti petualangan menyusuri Coban Sumber Pitu Pujon ini.

Suka Petualangan? Cobain Treknya Coban Sumber Pitu!

Air terjun atau yang dalam bahasa Jawa disebut coban ini bukanlah sembarang air terjun yang bisa dengan mudah kamu singgahi. Pasalnya, untuk menuju kemari kamu akan butuh perjuangan melalui jalur yang cukup ekstrim dan menantang. Pas sekali bagi kamu yang suka petualangan, nih!

Terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, air terjun Coban Sumber Pitu Pujon memang cukup tersembunyi dengan dengan didominasi trek mendaki yang cukup licin saat musim penghujan. Namun, keindahan yang akan kamu dapatkan saat berwisata kemari sangat sebanding dengan perjuangan yang kamu lalui. Tak percaya?

Foto: Anom Harya

Kamu dapat memulai perjalanan di jalur pertama yang bisa dilalui kendaraan offroad yang berkondisi prima atau bisa juga kamu lalui dengan berjalan kaki. Sampai di perbatasan jalan mulai mengecil menjadi jalur setapak yang harus kamu lalui dengan trekking dengan dominasi jalur yang berbatu, berlubang dan berkontur naik turun sejauh 2,7 kilometer.

Melanjutkan petualangan dengan sedikit mendaki di jalur yang kedua yang lumayan menguras tenaga sepanjang 3 kilometer. Tak ada alasan untuk kamu tidak membawa perbekalan minum dan makan yang cukup, sebab keduanya mampu menjadi ’pengisi daya’ bagi tubuhmu selama perjalanan.

Pada trek mendaki ini, kamu akan disuguhkan dengan pemadangan hijau dan rimbun dari semak, padang ilalang, juga vegetasi lain khas pegunungan yang menyejukan. Tak hanya itu, di akhir trekking pun kamu harus melewati tebing dengan kemiringan hampir 45 derajat dan ditutupi tumbuhan rambat. So, jika ingin kemari pastikan untuk mengandalkan pemandu, ya!

Perjuanganmu Akan Sebanding Dengan Pesona Tujuh Terjunan Indah

Panorama dari tujuh terjunan yang indah dari Coban Sumber Pitu ini bersanding sempurna dengan lebatnya hutan yang mengelilinginya. Semuanya terlihat begitu memesona, ditambah dengan hawa sejuk dari kemolekan alam Tanah Pujon yang masih asri dan lestari. Dijamin akan memuaskan hasrat liburanmu!

Keindahan air terjun yang sebenarnya terdapat sembilan terjunan ini berada di kawasan hutan lindung di mana masih tersebar coban lain yang tak kalah indah, terhitung ada 14 coban. Namun, Coban Sumber Pitu ini bisa dibilang paling menakjubkan dengan segala tantangan dan pesonanya.

Foto: ilovengalam.web.id

Untuk dapat mencapai lokasi menawan ini, kamu dapat berkendara dari pusat Kota Malang atau naik angkutan Batu-Ngantang-Kasembon (BNK) dari Terminal Batu menuju Pujon atau Jombang-Kediri. Terdapat patung sapi yang bisa menjadi penanda bahwa kamu sebentar lagi akan mencapai pertigaan Ringin Punden, ambilah belokan kiri dan lurus ke arah Barat hingga masuk ke Desa Pujon Kidul.

Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 10 ribu saja kamu sudah dapat menikmati panorama indah Coban Sumber Pitu. Yuk, mari liburan!

Foto Featured: coretanhari110.blogspot.co.id

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati