Wisata Indonesia

Gunung Artapela, Spot Menyambut Kabut di Atas Ketinggian Kota Bandung

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Liburan setiap akhir pekan? Why not?! Di sekitarmu banyak sekali lokasi wisata yang asyik untuk liburan akhir pekan. Butuh yang cukup ekstrim? Cobalah menjajal beberapa gunung di daerah Bandung, salah satunya Gunung Artapela yang berada di daerah Kertasari berbatasan dengan Kabupaten Pengalengan yang sejuk.

Gunung Artapela memang sudah lama menjadi incaran para traveler yang hobi bertualang di akhir pekan. Pasalnya, gunung yang berketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut ini memang tak membutuhkan waktu lama untuk didaki. Namun, pemandangan yang disuguhkan teramat mampu menyegarkan jiwa dan raga.

Untuk dapat mendaki gunung ini, dari pusat Kota Bandung kamu dapat melewati rute Dayeuh Kolot atau Majalaya menuju Ciparay yang mengarah ke Desa Sukapura dan berujung di Kampung Argasari. Pos pendakian Artapela memang berada di Kampung Argasari, di mana kamu nanti akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5000 per orang dan parkir Rp. 10.000 per motor.

Pendakian ini dapat ditempuh melalui dua opsi jalur resmi. Jika kamu ingin melakukan pendakian santai dengan medan yang landai bisa melalui jalur Datar Jamuju, meskipun jalur sedikit memutar dan jauh. Tetapi bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, lewatilah jalur Sevel Field (Kebun Tujuh) dengan trek yang cukup terjal dan menantang.

Via Datar Jamuju dikelilingi oleh perkebunan sayuran yang merupakan lahan PTPN VIII. Jadi jangan heran jika melewati jalur ini kamu akan berjumpa dengan banyak petani kentang ataupun wortel yang begitu ramah saat disapa. Mereka setiap hari bekerja mengarap perkebunan yang telah menjadi mata pencaharian utama di kampung ini.

Foto dari Instagram @hansmaulana88

Bukit-bukit perkebunan sayur yang menghijau menjadi pemandangan khas jalur Datar Jamuju. Jika bingung mengenai trek, kamu dapat bertanya kepada petani yang lewat. Bahkan, tak perlu sungkan untuk berkomunikasi dengan mereka, siapa tahu kamu bisa singgah beristirahat di saung mereka. Sangat lumayan untuk melepas lelah.

Karena jalur yang berupa perkebunan, sangat jarang ditemukan pepohonan besar. Jika siang hari, tak ada tempat berteduh selain saung milik petani. Baiknya, lakukan pendakian sepagi mungkin. Meskipun demikian, cuaca memungkinkan untuk berganti dan tak jarang ditutupi oleh kabut yang menyejukan hawa di sekitarnya.

Puncak Gunung Artapela memiliki dataran yang luas dan cukup untuk menampung banyak tenda ini juga berhadapan dengan Gunung Puntang di sebelah barat. Selain itu, terdapat juga sebuah patahan yang terbelah di mana tepat di bawahnya terdapat sebuah danau yang melegenda. Masyarakat lokal mengenalnya dengan nama Danau Aul.

Suasana dingin akan menemani malam harimu. Tak lupa pemandangan indah city light Bandung berkerlip memesona dari kejauhan. Langit gelap di atas Puncak Artapela juga kerap dipenuhi oleh bintang saat cuaca sedang cerah. Atmosfer yang menenangkan ini sangat seru jika dinikmati dengan kawan ataupun orang terkasihmu.

Puncak gunung ini pun dikelilingi oleh hamparan ilalang yang sangat memukau. Kumpulan ilalang lembut bak menari-nari tertiup semilir angin sejuk khas pegunungan. Spot ini merupakan salah satu yang terfavorit untuk berfoto. Ditambah lagi dengan panorama hijau perbukitan di sekitar puncak sebagai latar belakangnya.

Jangan sampai melewatkan kemolekan matahari terbit diantara kabut lembut yang menambah esensi keindahan puncak Gunung Artapela. Yuk, segera persiapkan alat pendakianmu dan jelajahi kecantikan Artapela!

 Foto featured: instagram.com/dadarmdni

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati