Wisata Indonesia

Ingin Punya Foto Keren di dalam Air? Yuk, Snorkling di Umbul Ponggok

umbul-ponggok
Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Mau punya foto bawah air yang kerennya tidak kalah dengan foto bawah laut bersama aneka ikan? Umbul Ponggok jawabannya, tempat wisata ini cocok untuk kamu yang tidak bisa berenang dan ingin belajar snorkeling loh. Penasaran?

Umbul Ponggok merupakan wisata pemandian yang disulap menjadi wisata bawah air untuk snorkeling dan juga photography. Kolam yang berukuran panjang 70 meter dan lebar 40 meter ini merupakan mata air yang terus mengalir dari bagian dasar kolam, sehingga kolam ini cenderung jernih.

foto-selfie-di-bawah-air-umbul-ponggok

Foto dari instagram @nabilalmira

Sebagai salah satu tempat snorkling Air Tawar terbaik di Indonesia, Umbul Ponggok punya pemandangan bawah air yang khas. Kolam yang sudah ada sejak zaman Belanda ini berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami. Memiliki lantai dasar pasir dan bebatuan, serta aneka ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak terlalu amis, sebab airnya mengalir terus.

Umbul Ponggok juga cocok banget buat kamu yang baru mau mulai belajar snorkeling, sebab kedalamannya yang masih terbilang aman sekitar 2-3 meter tanpa ada arus seperti di laut. Umbul Ponggok juga biasa dijadikan tempat untuk latihan diving. Kini Umbul Ponggok menyeruak menjadi spot fotografi yang digemari. Banyak paket foto preweeding pun menggunakan tempat ini sebagai tempat pengambilan gambar.

Foto dari portalwisata.com

Foto dari portalwisata.com

Mulanya saat datang ke tempat ini kamu hanya akan menemukan sebuah kolam renang yang biasa saja, tidak ada yang spesial. Namun jangan salah, sebab pesona Umbul Ponggok berada di dalam airnya. Di bagian bawah air Umbul Ponggok ini sudah disediakan beragam properti untuk berfoto seperti, motor, meja dan kursi, tenda, bahkan penjara, dan masih banyak lagi tetapi untuk foto dengan properti tersebut, ada biaya yang harus kamu keluarkan alias menyewa. Tapi kebayang kan gimana seru dan kerennya hasil foto bawah airmu?

Biaya yang dikenakan untuk masuk ke tempat wisata ini sebesar Rp 8.000 per orang. Untuk kamu yang tidak memiliki peralatan snorkeling, santai saja. Di sini disediakan jasa sewa kacamata snorkeling Rp 13.000, pelampung Rp 7.000, kaki katak Rp 13.000. Juga ada penyewaan jasa kamera bawah air Rp 100.000 untuk satu jam. Kamu juga tidak perlu khawatir kelaparan setelah lelah snorkeling, sebab di tempat ini banyak tersedia kedai-kedai makan yang cukup murah.

Jika ingin melakukan pengambilan foto sebaiknya datang di pagi atau sore hari karena akan menghasilkan gambar yang lebih bagus, sebab air lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas. Nah, biar hasil fotomu totalitas, usahakan untuk datang di saat weekday supaya tidak terlalu ramai pengunjung. Gak asik kan kalau background fotomu bocor karena ada objek yang tidak diinginkan?

Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Untuk menuju ke wisata Umbul Ponggok ini kamu harus memakan waktu sekitar 1 jam dari arah Prambanan, Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa menempuh jalan raya Jogja-Solo hingga GOR Gelarsena Klaten. Dari sana kemudian mengambil arah kiri ke Jatinom/ Polanharjo sampai bertemu persimpangan dekat Markas Koramil. Jika sudah banyak tambak ikan di sisi jalan berarti sudah dekat, dari arah ini Umbul Ponggok berada di sisi kiri jalan. Tertarik berfoto di dalam kolam Umbul Ponggok? Yuk, Kesini aja!

Featured foto dari Instagram @soppysnoopy

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.