Wisata Indonesia

Ini Alasan Kenapa Tebing Breksi Menjadi Pelengkap Wisata Borobudur

Written by Binsar Marulitua

Kesiniaja.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tengah berkonsentrasi pada pengembangan destinasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi terbesar se-Asia ini pun masuk ke dalam destinasi prioritas unggulan atau dikenal dengan konsep ’10 Bali Baru’. Kelebihannya, langkah penegembangan destinasi Candi Warisan Dunia UNESCO ini diikuti dengan pengembangan destinasi penunjang lainnya. Salah satunya adalah pengembangan potensi wisata Tebing Breksi.

Lantas, kenapa Tebing Breksi dipilih menjadi sebagai salah satu potensi wisata yang layak dikembangkan? Tebing Breksi sama sekali berbeda peruntukannya dengan minat khusus sport tourism biasanya yakni panjat tebing. Yang ada, justru pemandangan indah yang benar-benar Instrgramable dikalangan traveler yang sedang hits. Tebing kapur dengan tinggi kurang lebih 30 meter ini begitu eksotis dipadu dengan guratan-guratan muka dindingnya.

Kelebihan lainnya pada dinding-dinding alam ini ada pada perpaduan warna putih berkilau semburat semburat kuning dan coklat dalam bidang yang begitu luas menampilkan panorama yang menarik. Sekilas memandang landskap ini imaji akan terbawa menghampiri Wall yang ada di Game of Throne, Brown Canyon di Semarang atau Grand Canyon di Amerika Serikat.

Bukan hanya lanskap tebing tinggi dengan sayatan indahnya. Tebing ini juga menyediakan tangga-tangga pahatan ukuran raksasa yang terarah pada salah satu puncaknya. Sesampainya di atas traveler bakal disuguhi pemandangan luar biasa yang terhampar luas. Hijau di mana-mana dan bisa membuat otak menjadi lebih tenang. Tidak hanya itu, dari puncak tebing ini bisa melihat panorama Candi Ijo dan Candi Ratu Boko berlatar Gunung Merapi dan Merbabu.

Bila masih kurang puas, jika ditelisik pahatan-pahatan menyerupai Petra Di Jordania juga tersedia melengkapi pesona yang ada. Di tebing Breksi ini ukirannya bergaya khas Yogyakarta dengan banyak bermotif wayang raksasa  terpampang  berjejaran.

“Pemandangan adalah hal utama yang bakal menjadi senjata untuk mendatangkan wisatawan di Breksi,” Ujar ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib yang didampingi PIC Borobudur, Larasati widyaningsih.

Bila memutuskan berkemah di sini, bersiaplah mendapatkan view matahari terbit yang luar biasa. Apalagi Memandangnya dari atas bukit. Kelebihan lainnya adalah Taman Tebing Breksi juga menyediakan fasilitas untuk para pemacu adrenalin offroad. Tempat ini juga dikenal sebagai spot berkumpul dan berkemah para offroader dari sekitaran Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Foto Featured: instagram.com/@vriannp

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Binsar Marulitua