Wisata Indonesia

Ini lho 5 Destinasi Gratis di Labuan Bajo yang Keindahannya Sayang Untuk Dilewatkan

Written by Maulana Malik

Tidak selamanya traveller harus memiliki modal besar untuk mengunjungi surga dunia di Indonesia, khususnya di salah satu wisata Indonesia Timur, yaitu Labuan Bajo. Nah, di tanah yang terkenal dengan keindahan baharinya itu, masih banyak tempat indah yang bisa disambangi secara cuma-cuma. Panoramanya pun tak kalah menawan, Mau tau apa saja tempat wisatanya?

1. Bukit Sylvia

Francisca Christy Rosana

Awalnya, bukit ini dulu tak memiliki nama. Namun, semenjak salah satu perusahaan properti membangun resort bernama Sylvia di area ini, bukit tersebut dinamakan Bukit Sylvia. Orang-orang mengenalnya juga dengan nama Bukit Cinta. Namun Bukit Cinta sesungguhnya lokasinya bukan di situ. Bukit Cinta berada di samping Bukit Sylvia, yang lahannya kini sudah dijadikan kawasan bakal bandara. Di bukit ini, kalian bisa menyaksikan golden sunrise sekaligus sunset lantaran panoramanya melukiskan bentang alam 360 derajat. Dari atas juga kamu bisa melihat indahnya pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo. Gundukan-gundukan hijau pun dapat dengan bebas dipandang mata, membentuk hamparan laksana bukit Teletubies.

2. Pulau Kelor

bajo7-476b24a5d7d86e53d7e8731f12394325.JPG

Francisca Christy Rosana

Untuk masuk Pulau Kelor, tak dibutuhkan biaya retribusi. Pun kalau mau camping di sini orang juga bebas-bebas saja. Tapi untuk menuju ke sini butuh kapal. Tak terlampau mahal, kalau hanya sehari, kapal dari Pelabuhan Tilong ke Kelor hanya dipatok Rp 600 ribu dengan kapasitas penumpang tujuh orang. Tak usah mengeluarkan biaya lain kecuali untuk kapal.

3. Dermaga Putih

Inilah dermaga kekinian di Bajo. Baru saja ada dan dibangun oleh salah satu operator hotel. Namun orang yang tak menginap boleh masuk dan berfoto secara gratis. Tak perlu khawatir diusir. Berfotolah dengan nyaman, namun jangan sesekali mengotori tempat itu dengan sampah.

Nah, kini kamu tak perlu takut pergi ke Labuan Bajo. Cukup hitung pengeluaran untuk hotel, pesawat, dan makan. Mungkin juga kapal untuk menuju pulau-pulau yang dekat.

4. Festival Komodo

bajo6-e7439c9b1e57eb44c4b893b4b81b52d5.JPG

Francisca Christy Rosana

Nah, festival ini umumnya diadakan bulan Februari hingga Maret. Di sini kamu bisa menikmati orang-orang menari tradisional atau menyanyi. Maklum, orang Flores suaranya indah-indah. Tak ada pungutan biaya sama sekali kok kalau kamu mau menonton festival ini. Umumnya, panggung digelar di Goa Batu Cermin.

sekaligus sunset lantaran panoramanya melukiskan bentang alam 360 derajat. Dari atas juga kamu bisa melihat indahnya pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo. Gundukan-gundukan hijau pun dapat dengan bebas dipandang mata, membentuk hamparan laksana bukit Teletubies.

5. Pelabuhan Labuan Bajo

bajo5-1c1c5c83eaaec672b2ccb2690d87b282.JPG

Francisca Christy Rosana

Tentu tak sembarang pelabuhan. Di sini kamu bisa melihat kapal-kapal bersandar dengan tenang dikelilingi gugusan daratan Flores yang nampak semu-semu kehijauan. Bila malam, pendar-pendar lampu terlihat indah, mengesankan kota Bajo yang romantis. Banyak anak muda nongkrong sambil berkelakar satu sama lain kalau malam.

Foto: nayamoeda.tumblr.com
Source: idntimes.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Maulana Malik