Wisata Indonesia

Inilah Eksotisme Dibalik Bencana Merapi yang Bisa Dinikmati Lewat Lava Tour

Written by Nadia Syifa

Kesiniaja.com – Di tahun 2010 Gunung Merapi yang berada di wilayah Jogja dan Jawa Tengah meletus hebat, ratusan rumah di beberapa desa luluh lantak tertutup material vulkanik dari Gunung Merapi.

Namun seperti ungkapan bencana membawa berkah, beberapa orang kemudian memanfaatkan ‘kehancuran’ yang penuh daya tarik tersebut menjadi sebuah pengalaman yang unik bagi masyarakat yang penasaran.

Sejak 2011 dibuka dan dirintislah wisata Lava Tour guna memberikan pengalaman berharga bagi masyarakat yang ingin menyaksikan akibat kedahsyatan merapi yang menyatu dengan keindahan alam.

Paket wisata lava tour adalah paket wisata berkeliling beberapa kawasan sisa erupsi merapi, dan menariknya wisatawan akan diajak berkeliling menggunakan kendaraan jeep melewati jalan yang ekstrim dan menantang.

Selain menikmati keelokan alam lereng merapi sisa erupsi, wisatawan juga akan diajak mengunjungi beberapa tempat wisata yang tidak akan ditemui di tempat lain seperti museum sisa hartaku yang merupakan sisa rumah dengan beberapa barang peninggalan warga yang mengungsi akibat merapi.

Beragam benda mulai dari peralatan makan, kursi, hingga sepeda yang tampak mengarat dan yang paling ikonik tentu saja jam dinding yang berhenti pada 00.10 WIB yang merupakan waktu erupsi berlangsung

Foto Batu Alien dari jeepwisatamerapi.com

Foto Batu Alien dari jeepwisatamerapi.com

Tak cukup itu, ada pula kerangka hewan ternak yang tidak sempat diselamatkan sewaktu erupsi serta foto-foto letusan gunung pada saat itu. Setelah itu wisatawan akan diajak mengunjungi batu besar yang juga dikenal dengan sebutan Batu Alien, dinamakan begitu karena batu berukuran raksasa hasil muntahan merapi itu jika diperhatikan menyerupai wajas seseorang dengan mulut menganga.

Tempat lain yang juga tidak kalah menarik adalah bungker kaliadem yang menjadi saksi bisu orang yang berlindung di dalamnya hingga ke dusun dan makam juru kunci legendaris Gunung Merapi, Mbah Marijan.

Foto dari Instagram ririezwolf

Foto Bunker dari Instagram ririezwolf

Ada tiga paket yang ditawarkan kepada wisatawan yaitu paket perjalanan pendek dengan lama perjalanan sekiyar 1,5 jam, paket perjalanan menengah dengan durasi sekitar 2,5 jam serta paket perjalanan panjang dengan durasi sekita 3 jam.

Semakin panjang perjalanan yang diambil maka semakin jauh juga jarak yang ditempuh dan makin banyak tempat yang dikunjungi, selain itu ada pula paket khusus sunrise dengan waktu keberangkatan jam empat pagi.

Untuk biaya sendiri dipatok berdasarkan paket yang diambil mulai 400 ribu rupiah hingga 550 ribu rupiah untuk satu kendaraan yang bisa diisi hingga 4 orang.

Untuk terminalnya sendiri berada di kawasan Tlogo Putri Kaliurang, Sleman yang dapat ditempuh sekitar 45-60 menit dari Kota Yogyakarta ke arah utara, di sana wisatwan bisa memilih sendiri jeep yang akan dinaiki.

Nah, jika ingin mencari suasana lain dalam libur anda weekend ini, anda bisa datang ke Jogja dan ikuti Lava Tour merapi ini.

Featured image’s source

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Nadia Syifa

Chasing sunsets around the world : island life