Terkini Wisata Indonesia

Inilah Pulau Bair, Miniatur Raja Ampat di Maluku

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Tak disangka, Maluku memiliki miniatur keindahan Raja Ampat yang tersohor. Gugusan pulau-pulau kecil nan memesona ini memang sekilas begitu mirip dengan yang ada di ikon Provinsi Papua Barat tersebut. Tak percaya? Mari simak ulasannya berikut ini.

Menjadi bagian dari wilayah Kepulauan Kei, Malulu Tenggara, spot cantik yang dinamai Pulau Bair ini sejatinya belum tereksplor oleh banyak wisatawan. Kemolekan yang dimilikinya memang patut diacungi jempol. Air yang jernih berkilauan menjadi salah satu yang akan memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

Seperti halnya di Raja Ampat, vegetasi di sini pun terdiri dari kumpulan karst yang menyerupai pulau-pulau berbalut tetumbuhan hijau. Pemandangannya begitu apik apabila dilihat dari atas karst atau dengan menggunakan drone. Benar-benar berwisata di Maluku dengan rasa Papua!

Selain airnya yang jernih, warna toska juga mendominasi air laut di sekitaran pulau-pulau karang tersebut. Untuk menikmatinya, kamu bisa lho naik ke atasnya, namun berhati-hati karena karangnya cukup tajam. Masih belum puas dengan keindahan tersebut?

Foto: Imansyah Tamnge

Tak lengkap rasanya jika tak menceburkan diri di spot cantik ini, atau sekadar bersantai di atas floaties yang mengambang dengan tenangnya. Selain itu kamu dapat melipir ke tepian pantainya. Pasirnya begitu putih dan tentunya bersih karena jarang sekali yang berkunjung.

Untuk mencapai Pulau Bair, kamu harus melakukan penerbangan ke Kota Tual dari Ambon yang merupakan kota terpencil di Maluku Tenggara. Dari Tual dilanjutkan perjalanan darat selama 30 menit menuju pelabuhan Desa Dullah Darat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan perahu yang biasa ditarif sekitar Rp. 500 ribu hingga 700 ribu.

Dalam perjalanan menuju Pulau Bair, kamu akan melewati Pulau Adrenan yang luasnya hanya sekitar 500 m² namun sangat cantik untuk disinggahi atau sekadar berfoto ria. Perjalanan menuju ke Pulau Bair biasanya ditempuh hanya dengan satu jam saja, dengan pemandangan sekitar yang menakjubkan.

Bawalah bekal makanan dan minuman yang mencukupi, serta selalu menjaga kebersihan kawasan ini agar tetap bersih dan asri. Jika beruntung, kamu dapat juga berjumpa dengan anak Hiu Blackpit yang biasanya berkeliaran di sekitaran teluk Pulau Bair. Selamat berlibur!

Foto featured: Marischka Prundence

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati