Wisata Indonesia

Kebun Buah Mangunan, Rasakan Sensasi Negeri Atas Awan di Yogyakarta

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Sudah pernah merasakan sensasi berada di negeri atas awan? Kalau belum, kamu harus banget mengunjungi tempat yang satu ini dan merasakan langsung sesasi yang menakjubkan. Panorama bak gumpalan kapas-kapas putih melayang-layang di bawah kakimu dengan semilir angin dan sejuknya suasana subuh hari.

Negeri atas awan memang cocok menjadi sebutan untuk tempat wisata yang satu ini. Tempat yang terletak di Dlingo, Bantul ini berada di ketinggian sekitar 200 mdpl. Hamparan Pegunungn Sewu yang hijau membentang sepanjang mata memandang, keelokan Sungai Oyo yang meliuk dengan sangat cantik, ditambah kumpulan kabut yang bergumul membuat siapa saja yang berada di sini seperti tengah berada di negeri atas awan.

@fetihabsari

@fetihabsari

Datanglah ke tempat ini saat subuh hari dijamin kamu akan mendapatkan sensasi berada di negeri atas awan. Bagi kamu pemburu sunrise pastinya tidak akan sulit untuk menyambangi tempat ini saat subuh hari. Jelas, saat subuh menjelang, selain bisa menikmati sensasi negeri di atas awan, kamu juga bisa mendapatkan matahari terbit yang akan membuatmu selalu rindu.

Berjalanlah menuju puncak terbuka dari tempat ini, sebab di sanalah hamparan hijau Pegunungan Sewu dan keelokan Sungai Oyo meliuk-liuk memanjakan mata. Bukan hanya matahari terbit ternyata yang menjadi kelebihan dari tempat ini. Jika kamu sulit bangun pagi, datanglah ke tempat ini menjelang matahari terbenam, sebab bisa pula menyaksikan eksotisme senja yang pastinya juga romantis.

Foto dari @budiawan6329

Foto dari @budiawan2369

Namanya saja sudah kebun buah, dijamin dong pemandangan yang akan didapatkan pastinya menyejukkan mata. Beragam pohon buah terdapat di tempat ini. Meski banyak beragam pohon buah, di tempat ini kamu tidak diperbolehkan untuk memetiknya tanpa izin.

Di tempat ini pula kamu bisa melihat peternakan sapi serta proses pembibitannya. Kotoran dari sapi inilah yang akan dijadikan pupuk kandang untuk pohon buah-buahan yang ada di Kebun Buah Mangunan ini.

Kebun buah mangunan telah memiliki beragam fasilitas. Di sini tersedia outbond, kolam renang, homestay, dan juga spot untuk berkemah. Jangan khawatir bagi kamu yang berlokasi jauh dari tempat ini, kamu bisa menginap atau pun berkemah di tempat ini. Pastinya setelah melalui proses perizinan ya.

Foto dari @maspeot

Foto dari @maspeot

Untuk cara menuju ke kebun buah mangunan ini kamu harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa motor, sebab tidak ada angkutan umum yang melewatinya. Rute menuju Kebun Buah Mangunan dari Kota Jogja
ambil ke jalan Imogiri Timur ikuti jalan tersebut hingga sampai mentok pertigaan pasar Imogiri, ambil arah kiri. Mulai dari sini kita tinggal mengikuti papan petunjuk arah yang mengarahkan kita ke Kebun Buah Mangunan. Kamu harus melalui jalan yang cenderung menanjak dan agak panjang, jadi pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan baik. Masuk ke tempat ini hanya akan dikenai biaya Rp 5.000 per orang.

Foto dari IG @mdinarsuci

Foto dari IG @mdinarsuci

Nah, menarik dan pastinya lengkap banget kan panorama yang disajikan oleh salah satu lokasi di Yogyakarta ini? Jogja memang merupakan tempat penuh pesona dan sejuta kenangan. Selalu membuat rindu dan ingin kembali menjelajahi setiap lekuk kotanya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan ranselmu dan berjalanlah menjelajahi Indonesia ini.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.