Wisata Indonesia

Kepulauan Togean, Surga Tersembunyi Bagi Kamu Pecinta Alam Bawah Laut

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Kepulauan Togean merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi meski sekali seumur hidup. Merupakan taman nasional yang terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Una-una, Sulawesi Tengah ini dikenal dengan beragam biota laut yang kaya akan terumbu karang yang langka dan dilindungi.

Keindahan bawah laut serta pesona yang disajikan oleh bentangan alamnya dijamin tidak mampu kamu tolak. Di sini kamu bisa menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing dan mejelajah hutan di Pulau Malenge, mengeksplore Gunung Colo di Pulau Una-una, dan juga mengunjungi pemukiman suku Bajo di Kabalutan.

Kepulauan Togean merupakan salah satu bagian ekosistem terumbu karang penting dari “coral triangle” yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang, dan Australia. Merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki lingkungan karang yang berbeda, yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut. Memiliki 4 tipe terumbu karang seperti, karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll).

Foto: instagram @semutt_item

Karang atol ini berbentuk pulau karang yang ditengah-tengahnya terdapat danau yang dalam. Karang barier merupakan deretan karang yang berjejer mengelilingi pulau menyerupai benteng atau dinding di laut yang melindungi pulau dari terjangan ombak laut. Karang ini di kedalaman 200 mtr dan muncul diatas permukaan laut sampai dengan beberapa meter.

Untuk tiba di Kepulauan Togean ini dapat ditempuh dengan dua cara. Pertama, dari Palu ke Ampana via Poso menggunakan bus atau sewa mobil, kemudian dari Ampana ke Wakai dan Malenge menggunakan perahu yang berangkat setiap hari pukul 10.00-11.00 pagi. Kedua, Jakarta-Luwuk-Ampana-Togean. Jarak tempuh darat dari Luwuk ke Ampana hanya memakan waktu sekitar 5 jam. Sedangkan Perjalanan darat dari Palu ke Ampana sendiri memakan waktu sekitar 11 jam perjalanan. Meski panjang, namun kamu tidak akan merasa jenuh, sebab sepanjang perjalanan akan menyajikan indahnya panorama gunung kebun kopi dan pantai di garis khatulistiwa.

Kepulauan Togean ini terdiri dari 6 pulau besar dan pulau-pulau kecil yang jumlahnya mencapai 60 pulau. Menyimpan kekayaan alam yang sungguh mengagumkan serta keajaibannya yang masih jarang diketahui banyak wisatawan. Kepulauan ini justru merupakan tujuan wisata populer bagi wisatawan mancanegara.

Foto: instagram @indonesia_explore

Pulau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanis ini memiliki tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh bukit karang. Setiap pulau memiliki daya tarik tersendiri. Pulau Kadidiri merupakan pulau yang paling terkenal di antara pulau lainnya karena memiliki keindahan pantainya yang eksotis.

Di sini sudah tersedia beragam macam penginapan murah hingga mahal. Uniknya, penginapan di kepulauan ini selalu memberikan fasilitas makan 3 kali sehari termasuk kopi dan teh. Tetapi harga sewa biasanya dihitung per orang, bukan per kamar.

Untuk biaya sewa kapal biasanya berkisar Rp 550.000 per hari dengan kapasitas 8 orang. Jika kamu ingin melihat gunung api milik Togean, kamu bisa memperpanjang rute hingga ke Pulau Una-una dengan tambahan biaya sekitar Rp 200.000.

Selain menikmati keeksotisan bentangan alamnya, di tempat ini kamu bisa mendapatkan suasana liburan yang private serta bisa lebih mengenal masyarakat sekitar dan kebudayaannya. Di tempat ini sinyal akan susah sekali kamu dapatkan. Jadi, liburan di tempat ini benar-benar membebaskanmu dari kehidupan yang hiruk pikiluk dan serba teknologi.

Tertarik untuk mengunjungi kepulauan cantik yang satu ini, bukan? Terutama untuk kamu pecinta pantai dan bawah laut, wajib banget kesini aja!

Foto Featured: instagram @togeanjourney

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.