Wisata Indonesia

Mampir ke Semarang? Jangan Lupa Main ke Rawa Pening!

Written by Yaya Art

Jika kamu sedang ke Semarang, tak ada salahnya untuk bermain ke daerah Ambarawa, Semarang. sejak 2012 Rawa Pening kembali menjadi lirikan para wisatawan, yaitu sejak Wisata Kampung Rawa didirikan. Wisata Kampung Rawa adalah wahan wisata di atas air dimana hampir 70% dari bangunannya mulai wahana permainan hingga resto hampir semua di atas air danau Rawa Pening.

Hamparan persawahan dan latar gunung yang dilengkapi dengan sebuah danau bening membuat wisatawan tergoda untuk menyusuri seluruh keindahan danau, keindahan alam yang masih alami ini juga menjadi buronan para fotografer untuk mengabadikan moment-moment terindah di tempat ini.

Selain keindahan alam di Rawa Pening, suguhan utama di sini tentu saja wisata kulinernya. Resto Apung yang dibangun di atas Rawa Pening dengan menggunakan rakit yang menggunakan drum sebagai alat pelampungnya menjadi primadona di tempat ini. Sambil disuguhi indahnya pemandangan Rawa Pening yang terletak diantara perbukitan di lereng Gunung Merbabu kita bisa menikmati sajian aneka masakan ikan air tawar segar hasil produk karamba para petani ikan Rawa Pening dengan berbagai macam olahan.

Foto dari dianaputri09.besaba.com

Foto dari dianaputri09.besaba.com

Jangan kaget ketika makan mungkin tempat duduk yang kamu duduki sedikit bergoyang oleh gelombang air dan angin, namun dijamin kamu tetap akan makan dengan aman dan nyaman. Untuk mencapai Rumah Makan Apung Kampoeng Rawa ini kamu harus menyeberang dengan menggunakan rakit kayu dengan tali yang ditarik.

Selain Resto Apung yang memang merupakan suguhan utama, banyak pula warung lesehan lain yang bisa kamu coba hingga beragam kios jajanan ringan seperti rujak es krim dan jagung bakar di sekitar sana.

Sebagai destinasi wisata keluarga, tempat ini juga dilengkapi dengan beragam wahana permainan untuk anak-anak seperti becak air, becak mini, ATV, Flying Fox dan lain-lain. Sementara bagi yang ingin mengelilingi sudut rawa, disediakan pula perahu wisata yang bisa di sewa untuk menjelajah Rawa Pening dengan biaya 100 ribu untuk satu perahu yang bisa diisi hingga 8 orang.

Adapun legenda yang berkembang di kawasan ini adalah mitos Baru Klinting si anak Naga. Dulunya tempat ini merupakan sebuah Desa yang bernama Malwapati. Di desa tersebut hiduplah seorang gadis yang bernama Endang sawitri, dan semua penduduk desa tidak mengetahui bahwa gadis tersebut memiliki suami, lalu ia melahirkan seekor Naga yang bisa bicara layaknya manusia dan Naga tersebut di beri nama Baru Klinting.

Lokasi Wisata Apung Kampung Rawa sendiri cukup mudah dijangkau dari mana saja karena berada di jalur jalan lingkar Ambarawa hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Semarang.

Tiket masuknya juga cukup murah. Untuk sepeda motor hanya dua ribu rupiah sedangkan untuk mobil lima ribu rupiah. Jadi kalau kamu sedang berkunjung ke Semarang sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Wisata Kampung Rawa ini.

Featured Image dari alvinfauzie.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Yaya Art

Chasing sunsets around the world : island life