Wisata Indonesia

Menatap Keindahan Prambanan Dari Spot Riyadi

Written by Viona

Kesiniaja.com – Berburu sunset ataupun sunrise adalah salah satu hobi yang banyak digeluti banyak orang mulai fotografer profesional, selebgram hingga orang-orang biasa dan iseng. Seiring maraknya hobi tersebut beberapa spot baru pemburu sunrise ataupun sunset kemudian muncul, salah satunya adalah Spot Riyadi.

Spot Riyadi sudah sejak dua tahun belakangan menjadi favorit banyak orang mulai fotografi, goweser yang sering gowes sampai ke sana hingga masyarakat pada umumnya. Sejatinya Spot Riyadi bukanlah sebuah tempat wisata khusus, namun hanyalah halaman rumah yang dimiliki oleh Pak Riyadi yang kemudian disulap menjadi spot untuk menikmati pemandangan. Sedangkan rumahnya, dijadikan warung untuk para pengunjung yang ingin makan dan minum.

Berada di perbukitan selatan Prambanan, tepatnya di Jl. Candi Miri, Dawang Sari, Prambanan Sleman, Spot Riyadi menjadi tempat yang menarik karena indahnya pemandangan yang bisa disaksikan dari tempat tersebut. Dari atas bukit tersebut pengunjung akan mendapati pemandangan berupa hamparan sawah yang luas, lalu terlihat dari kejauhan ada Candi Prambanan dan Candi Sojiwan berdiri dengan anggunnya.

Foto dari Instagram @niarosanty

Foto dari Instagram @niarosanty

Jika cuaca sedang cerah, pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya. Selain itu beberapa gunung lain seperti Merbabu dan Lawu juga samar-samar bisa dilihat dari kejauhan. Itulah keunikan yang bisa ditemukan saat anda berkunjung ke tempat ini.

Bukan hanya di siang hari, malam hari di tempat ini juga tak kalah asyiknya karena akan disuguhi anggunya Candi Prambanan yang selalu disinari lampu warna-warni. Di sisi lain, kemerlap bintang di langit dan lampu pemukiman juga menjadi salah satu hal yang sangat indah.

Foto dari @adityanugroho48

Foto dari Instagram @adityanugroho48

Bukan hanya melihat indahnya pemandangan, anda juga bisa mampir ke warung yang terletak di spot Riyadi, di sini disediakan berbagai macam makanan mulai Soto kampung yang khas hingga berbagai cemilan termasuk minuman khas seperti teh jahe, kopi dan lainnya. Tentu suasana memandangi langit malam bertabur bintang akan semakin mengesankan bila ditemani dengan segelas kopi.

Awalnya, tempat ini mulai didatangi pengunjung sejak tahun 2005 dan semakin ramai mulai 2010 seiring dengan maraknya foto di tempat tersebut tersebar di media sosial. Karena tempatnya semakin ramai oleh pengunjung, pada pertengahan 2015 Riyadi kemudian membangun tempat nongkrong dari bekas kandang sapi di halaman rumahnya.

Tempat ini bisa menjadi alternatif yang sangat menarik bagi kalian yang datang ke Jogja dan sekitarnya. Cara paling mudah untuk sampai tempat ini adalah dengan mengikuti jalan menuju resort Abhayagiri dan Candi Barong yang lokasinya berada di kawasan ruko belakang shelter Trans Jogja (depan Candi Prambanan). Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk menuju spot Riyadi.

Featured Image’s source

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Viona

We travel, some of us forever, to seek other places, other lives, other souls.