Wisata Indonesia

Menelusuri Curug Cikaso, Spot Favorit Berakhir Pekan di Sukabumi

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Bagi kamu yang gemar bertualang di akhir pekan, cobalah mengunjungi salah satu air terjun di Sukabumi yang terkenal akan keindahannya. Curug Cikaso, ialah air terjun atau curug (bahasa Sunda) yang begitu tersohor di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Apakah kamu sudah pernah ke sana?

Jika belum, kamu dijamin akan terpukau dengan pesonanya. Bagaimana tidak, serpihan surga Tuhan yang menakjubkan ini terlihat begitu megah dengan terjunan setinggi 80 meter dan lebar hampir 100 meter. Aliran Sungai Cikaso yang derasnya bermuara ke Muara Tegalbuleud ini menjadi atraksi alam yang patut untuk dijelajahi.

Sebab, perjalanan menuju curug ini bukan main menantangnya. Kamu harus menempuh jarak sekitar 110 kilometer dari pusat Kota Sukabumi, yang saat telah memasuki Jalan Cikaso kamu harus bersiap menghadapi akses jalan yang cukup rusak dan didominasi oleh tanjakan menantang, turunan curam dan tikungan yang cukup tajam.

Saat berniat menuju lokasi ini, pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima dan siap untuk ditantang. Menuju Curug Cikaso akan sangat menarik apabila dilakukan dengan ber-touring ria bersama kawan. Perjalanan super jauh dan menguji adrenalin akan terasa menyenangkan, sebab keindahan yang akan kamu dapatkan di sana memang sungguh sebanding.

Derasnya terjunan yang berderet terbagi menjadi tiga ini dinamai Curug Aseupan, Curug Meong dan Curug Aki. Ketiganya ini berjajar begitu memesona berbalut kemolekan alam Tanah Surade yang masih asri. Rimbunnya tetumbuhan yang menjalar setiap terjunan bak hiasan alam yang cantik tiada tara, saling melengkapi membentuk panorama nan indah.

Kolam air terjun yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter memiliki pusaran air yang cukup kuat, sehingga wisatawan tak bisa leluasa berenang berkeliling Curug Cikaso atas alasan keamanan. Namun, air yang melimpah tercurah dengan derasnya mampu membius pandangan siapa saja, ditambah gemuruh dari terjunan yang menambah kemegahan Curug Cikaso ini.

Selain terjunan yang megah, Curug Cikaso juga memiliki keunikan lain yakni kolam airnya yang berwarna toska nan memesona. Begitu cantik jika dipandang dari kejauhan, berbalut tempias dan kabut-kabut air dari derasnya terjunan yang sungguh menyegarkan menerpa wajah dan tubuh. Sangat memukau!

Bahkan pesona air yang berwarna cantik ini dapat kamu telusuri saat perjalanan menuju curug dengan menggunakan perahu kayu. Memang terdapat dua opsi menuju curug, yakni dengan menaiki perahu menyusur sungai atau trekking sejauh 1 kilometer. Rasanya, menjelajah sungai menaiki perahu bermuatan 10 orang ini akan menjadi pengalaman yang menarik saat kamu mencapai Curug Cikaso.

Foto Featured: instagram.com/agisti10.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati