Wisata Indonesia

Menelusuri Keindahan Goa Seplawan di Lereng Perbukitan Merbabu

Written by Nadia Syifa

Kesiniaja.com – Kawasan perbukitan Menoreh yang terletak diantara 3 kabupaten dan 2 propinsi menyimpan keindahan alam dan cerita sejarah yang panjang sejak jaman kerajaan hingga perjuangan kemerdekaan. Berbicara tentang Bukit Menoreh maka satu kawasan wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah nama Goa Seplawan.

Goa sepanjang 750 meter yang ada di Donorejo kecamatan Kaligesing Purworejo Jawa Tengah memang menjadi salah satu permata di perbukitan tersebut. Berada di ketinggian 900 mdpl, Goa Seplawan bukan hanya menawarkan keindahan goa bawah tanah namun juga keindahan melihat alam dari ketinggian karena ada gardu pandang di sana.

Berada 25 km ke arah utara dari Kota Purworejo akses jalan menuju lokasi sudah cukup baik dan luas dengan kontur jalan yang sedikit menanjak. Begitu sampai di lokasi goa, pengunjung akan disuguhi patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati, patung asli yang ditemukan di tahun 1970-an itu, saat ini tersimpan di museum kesenian Jakarta.

Foto dari njogja.co.id

Foto dari njogja.co.id

Memasuki goa, kita akan disuguhi keindahan stalaktit dan stalakmit yang membentang sepanjang lorong goa, ditambah sinar matahari yang masuk di sela pintu masuk menambah keelokan goa ini. Fasilitas di dalam goa sendiri sudah sangat lengkap dan nyaman untuk dijelajahi dengan beberapa lantai paving, lampu penerangan berwarna warni menambah eksotisnya suasana di dalam goa.

Puas menjelajah bagian dalam goa pengunjung bisa menikmati pemandangan alam kota Jogja dari gardu pandang goa seplawan yang ada di bagian luar. Dari gardu Pandang bisa juga terlihat waduk Sermo yang terletak di Kulonprogo dan jika naik kepuncak sisi kanan dari gardu Pandang, jika cuaca cerah  bisa menyaksikan 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Bagaimana Cara Menuju Goa Seplawan?

Goa Seplawan yang terletak di Desa Donorejo kecamatan Kaligesing Purworejo berbatasan langsung dengan kabupaten Kulonprogo. Bila pengunjung dari arah kota Yogyakarta maka bisa mengambil rute ke arah Samigaluh melalui jalan Godean. Kemudian lurus ke arah Goa Kiskendo. Setelah sampai goa Kiskendo lihat papan petunjuk arah menuju Goa Seplawan / Purworejo. Maka anda cukup mengikuti jalan tersebut dan anda akan sampai di Goa Seplawan.

Dengan hanya uang masuk Rp.3.000 rupiah dan tarif parkir Rp. 2000 anda bisa menikmati Goa Seplawan ini. Buka mulai pukul 08.00-17.00, fasilitas goa seplawan sudah lumayan lengkap mulai dari area parkir, kamar mandi dan WC, Mushola dan tersedia warung-warung.

Dengan segala keindahannya Goa Seplawan bisa menjadi alternatif wisata yang menarik di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Yuk, Ke Sini! (ha)

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Nadia Syifa

Chasing sunsets around the world : island life