Wisata Indonesia

Mengintip Keindahan Leuwi Tonjong Dibalik Perbukitan Terjal

Written by Imam Widhy

Kesiniaja.com – Jawa Barat menawarkan destinasi wisata yang tidak ada habisnya untuk kamu kunjugi. Salah satunya Kabupaten Garut yang memiliki sejuta pesona destinasi wisata yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Udaranya yang sejuk membuat wisatawan akan semakin betah ketika berkunjung ke Kabupaten yang terkenal dengan makanan khasnya, yaitu Dodol Garut.

Berbagai pilihan ditawarkan alam Garut untuk memanjakan liburanmu. Leuwi Tonjong, merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi yang harus kamu kunjungi jika sedang berada di Garut. Leuwi Tonjong sendiri merupakan bagian dari aliran sungai Cihurip. Salah satu keunikan di tempat ini adalah karena adanya dua tebing tinggi yang mengapit aliran sungai.

Keindahan di Leuwi Tonjong ini juga dihiasi oleh air terjun kecil dengan kolam air alami yang dangkal. Sehingga pengunjung bisa melakukan aktifitas berenang pada kolam air tersebut. Untuk kenikmatan berenang disini jangan ditanya, kesegaran air dan udara yang sejuk akan membuat badanmu bugar kembali. Bagi kamu yang doyan berfoto, tempat ini instagramable banget!

Foto dari Instagram @zuzanzaqiyah

Bagi kamu yang ingin bermalam disini juga bisa lho, hanya perlu mendirikan tenda di pinggir sungai. Untuk fasilitas disana kamu tidak perlu khawatir, karena sudah ada mushola, warung dan toilet meskipun hanya seadanya.

Tempatnya yang masih sulit dijangkau karena akses jalannya sempit, menanjak dan licin menjadikan tempat ini sangat jarang dikunjungi wisatawan lain. Sebelum ke sini, pastikan kendaraan dalam kondisi prima agar tidak mengalami kendala saat menerobos jalanan yang sulit. Lalu pastikan kesini ketika cuaca sedang tidak hujan, karena jika cuaca hujan, air di leuwi Tonjong akan berwarna keruh.

Lokasi Leuwi Tonjong ini tepatnya bearda di Kampung Rontong Desa Jaya Mukti. Untuk menuju Leuwi Tonjong, dari Garut Kota ambil jalan ke arah Cikajang, dari pertigaan Cikajang belok kiri ke arah Pameungpeuk. Setelah itu beloklah ke kiri di gapura yang bertuliskan Cihurip. Dari sana tinggal lurus saja, sampai bertemu Puskesmas Cihurip akan ada pertigaan. Pilih belokan ke kanan dan ikuti jalannya.

Nantinya, kamu akan menemukan sebuah tanda kecil yang mengarahkanmu untuk menuju ke Leuwi Tonjong. Dari sini mobil tidak bisa masuk karena kondisi jalan berbatu, sempit, dan cukup curam. Jika kamu menggunakan motor pun, kalian harus sangat hati-hati, apalagi di musim hujan, jalan berbatu ini bisa jadi sangat licin. Kendaraan tidak bisa langsung sampai ke sungai, akan tetapi kamu harus sedikit berjuang dengan berjalan kaki menuruni bukit  sekitar 15-30 menit. Tertarik mengunjungi keindahan Leuwi Tonjong? Yuk, Kesini aja!

Foto Featured: Instagram @adorkableracer

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Imam Widhy

Tujuan Jalan-Jalan adalah Perjalanannya.