Wisata Indonesia

Mengintip Kepingan Surga Dunia di Air Terjun Jumog yang Menakjubkan

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Sebutan ‘surga dunia’ rasanya tidak berlebihan jika diberikan pada lokasi wisata yang satu ini. Pasalnya, tak hanya sebagai lokasi yang pas untuk menghabiskan waktu berlibur, namun Air Terjun Jumog juga akan memuaskan pandangan matamu dengan keindahannya.

Bersiaplah untuk terpukau! Air terjun berketinggian kurang lebih 30 meter ini menjelma bak penyegar jiwa dan ragamu. Kemolekannya dapat kamu nikmati di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Apakah kamu juga termasuk salah satu penggemar wisata air terjun?

Berkunjung kemari berjarak tempuh kurang lebih 40 kilometer dari Solo dengan mengarahkan kendaraan ke Tawangmangu yang sudah dikenal dengan banyak lokasi wisatanya yang indah. Tak hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, kamu juga dapat memilih beberapa opsi transportasi umum.

Jika ingin menggunakan bus, kamu dapat menaiki bus dari Solo tujuan Terminal Karangpandan (Tawangmangu) dengan tarif Rp. 5 ribu saja. Dilanjutkan dengan naik bus kecil jurusan Ngolorog (Candi Sukuh) atau jurusan Terminal Kemuning (Candi Cetho) dengan membayar Rp. 2 ribu dan kemudian disambung ojek hingga ke gerbang lokasi dengan tarif Rp. 40-45 ribu per orang.

Foto: instagram.com/bagussetiasandi

Objek wisata yang sudah cukup terkenal di Karanganyar ini berada tak jauh dari Candi Sukuh, yakni hanya berjarak 500 meter saja. Air Terjun Jumog dikelilingi keindahan alam yang masih asri dan berhawa sejuk karena berada tepat di lereng Gunung Lawu. Cocok banget nih buat kamu yang ingin menghilangkan penat!

Tiket masuk yang harus kamu keluarkan untuk merasakan keindahan air terjun ini hanya sebesar Rp. 3 ribu saja per orang. Perjalanan setapak harus kamu lalui dari pintu gerbang masuk menuju air terjun dengan trek yang sudah ditata baik dan relatif bersih. So, sambil berwisata jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan ya!

Trek tanah dan batu yang beberapa diantaranya berlumut menjadi pengantarmu menuju air terjun. Tumbuhan hijau yang merambat di sisi jalan menambah kenikmatanmu saat berjalan sambil ditemani aliran sungai kecil yang sangat jernih dari terjunan Jumog ini.

Air Terjun Jumog memang sudah menjadi ikon wisata penting di Karanganyar, terlihat dengan dibangunnya fasilitas yang akan membuat para wisatawan nyaman di sini. Mulai dari toilet, gazebo untuk beristirahat, berbagai permainan anak, kolam renang hingga adanya panggung hiburan dan rumah makan.

Wisata alam yang menarik ini memang sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur dengan keluarga. Bahkan jika kamu sekeluarga ingin menginap, banyak terdapat pilihan cottage atau homestay dengan berbagai pilihan harga yang bisa kamu sesuaikan. Pas sekali untuk kamu yang berkunjung dari luar Jawa Tengah.

Sembari berwisata, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Karanganyar yang bakal menggoyah lidah kamu. Salah satu yang khas di sini adalah kuliner sate kelinci yang unik dan tentunya lezat. Selamat berlibur!

Foto Featured: instagram.com/athaindra

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati