Wisata Indonesia

Menikmati Keunikan Curug Kaliangkak, Curug Berwarna Biru dari Subang

Written by Nadia Syifa

Kesiniaja.com – Sajian alam yang menyejukan di Subang, Jawa Barat menawarkan panorama yang luar biasa, mulai dari perbukitan hingga air terjunnya yang menawan. Salah satu destinasi yang belum banyak diketahui orang adalah Curug Kaliangkak. Curug yang tidak terlalu tinggi ini terletak di  di sesa nagrak, ciater, Subang.

Daya tarik dan keunikan yang ada di Curug Kaliangkak adalah birunya warna air yang ada di kolam air terjun ini. Penyebab birunya warna kolam air ini diperkirakan karena air terjun ini berada di tebing kapur berwarna putih. sehingga walaupun musim penghujan, warnanya tidak berubah keruh seperti pada curug umumnya. Sejuknya udara di tempat ini juga menjadi salah satu alasanmu untuk berlama-lama menikmati keindahan sambil bersantai.

Ketinggian curug ini sekitar 4-5 meter, dengan kedalaman air kolam Curug Kaliangkak ini sekitar 1 sampai 2 meter, sehingga kamu bisa berenang dan bermain air disana dengan aman. Namun, karena airnya tercampur dengan kandungan kapur, mungkin akan sedikit membuat badanmu lengket. Selain lengket, badanmu juga bisa panas jika berendam terlalu lama. Tapi tetep saja, suasana disini akan membuat badanmu segar.

Curug Kaliangkak | Foto dari Instagram @chepybennington

Untuk menuju tempat ini tidak seperti curug pada umumnya, karena letak curug ini berada di dalam kawasan villa milik pribadi, dan hanya hari tertentu saja masyarakat umum bisa masuk. Jika villa tersebut sedang ada penguninya, maka tidak ada yang bisa masuk kecuali si penyewa villa atau bisa masuk melalui penjaga vila dengan membayar 5.000 rupiah.

Rute menuju Curug Kaliangkak ini tidak terlalu sulit, apabila kamu dari Bandung, arahkan kendaraanmu ke lembang, lalu menuju sariater dan masuk ke desa ciater, disana kalian akan menemukan villa yang letaknya tidak jauh dari kantor desa, lalu dilanjutkan dengan berjalan 10 menit dari Villa tersebut untuk mencapai Curug Kaliangkak.

Foto featured: instagram.com/hens4m

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Nadia Syifa

Chasing sunsets around the world : island life