Wisata Indonesia

Menikmati Pesona yang Tidak Pernah Pudar Dari Kawah Putih

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Kawasan Bandung kini memang sudah dipenuhi oleh beragam tempat wisata mulai dari wisata alam hingga buatan. Meski kini banyak ragam wisata buatan yang membuat Bandung macet, namun Bandung tetap kaya akan wisata alamnya yang memukau. Seperti layaknya wisata Tangkuban Perahu yang masih eksis hingga kini, begitu pun juga dengan wisata Kawah Putih.

Kawah Putih merupakan wisata alam yang ada di Kawasan Ciwidey, Bandung. Wisata ini sudah terbilang lama, tetapi pesona dan keeksotisannya masih tetap eksis dan memiliki daya tarik tersendiri untuk mengundang banyak wisatawan lokal hingga mancanegara untuk menyambanginya. Terbukti hingga kini wisata Kawah Putih masih dipadati oleh pengunjung terlebih saat musim liburan. Jika liburan ke Bandung rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Berada di bawah puncak tertinggi Gunung Patuha dan memiliki ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl. Warna air dari kawah ini adalah putih kehijauan dan membuatnya tampak eksotis. Uniknya, air ini kadang dapat berubah warna tergantung kandungan belerang, suhu dan cuaca. Tanah di tempat ini bercampur dengan belerang dan menghasilkan warna putih.

Tempat wisata yang mulai dibuka pada tahun 1987 ini memiliki bau belerang yang sangat menyengat, sehingga kamu disarankan untuk menggunakan masker dan tidak berlama-lama berada di sekitar kawah. Kamu bisa naik ke atas untuk kemudian turun kembali ke kawah untuk sekadar mengatur sirkulasi pernafasan. Sebaiknya kamu membawa jaket dan baju hangat, sebab suhu di tempat ini berada di kisaran 8-22 derajat celsius.

Beragam kegiatan bisa kamu lakukan di sini, mulai dari mendaki, berkuda hingga berfoto. Lokasi ini sering dijadikan tempat pengambilan gambar untuk film hingga foto preweeding. Kebayang kan panorama yang ditawarkan tempat ini seindah apa?

Foto dari @aha_dian

Foto dari @aha_dian

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 7.00 hingga 17.00. Untuk masuk ke kawasan wisata ini kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000 per orang. Sedangkan tarif untuk kendaraan juga beragam. Parkir atas untuk mobil Rp 150.000 dan motor Rp 35.000. Parkir bawah untuk mobil Rp 6.000 dan motor Rp 5.000. Jika ingin naik ontang-anting tarifnya Rp 13.000.

Parkir atas artinya kamu bisa membawa kendaraan hingga di lokasi kawah. Jika parkir di bawah, artinya kamu harus memarkir kendaraan di gerbang pintu masuk dan melanjutkannya dengan naik ontang-anting untuk menuju kawah. Ontang-anting di sini berupa mini bus terbuka yang dilengkapi dengan pengaman yang berkapasitas 12 orang.

Bagaimana Cara Menuju Kawah Putih?

Wisata Kawah Putih berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey km 25 tidak jauh dari wisata Situ Patenggang dan berjarak 50 km arah selatan Kota Bandung. Untuk menuju Kawah Putih ini kamu bisa menggunakan rute dengan keluar Tol Kopo, kemudian melewati Sayati yang terus ke arah Soreang. Lalu melanjutkan arah hingga Ciwidey dan tiba di wisata Kawah Putih. Jika menggunakan kendaraan umum, rute yang dapat ditempuh melalui terminal Leuwi Panjang-terminal Ciwidey-Kawah Putih.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.