Wisata Indonesia

Menyusuri Keindahan Green Canyon yang Menawan di Pangandaran

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Jika Anda berwisata ke Pangandaran rasanya tidak lengkap rasanya apabila melewatkan Green Canyon. Apalagi saat long weekend tiba, sebuah pilihan tepat apabila Anda ingin menghabiskan waktu dengan berwisata seru sekaligus memacu adrenalin bersama teman ataupun keluarga.

Wisata air yang akan membuat Anda dibalut sensasi asyik sekaligus menegangkan ini biasa juga dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh, yang dalam bahasa Sunda bermakna jembatan tanah. Jika Anda berkunjung kemari, Anda akan melihat sebuah jembatan dari tanah yang berada di atas lembah dan jurang Green Canyon yang digunakan oleh para petani sekitar untuk menuju kebun mereka, yang juga menjadi cikal bakal tempat ini dinamakan Cukang Taneuh.

Objek wisata yang mengagumkan ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 130 km dari Ciamis, dan hanya 31 km jika ditempuh dari Pangandaran. Wisata nan mengagumkan akan Anda temui dengan terlebih dahulu berangkat dari dermaga Ciseureuh dan kemudian disambung dengan perahu kayuh yang berjarak 3 km saja, atau sekitar 45 menit untuk sampai ke Green Canyon ini.

Warna air yang hijau toska akan menemani perjalanan Anda di sepanjang aliran menuju ke spot utama. Berkat keindahan air yang hijau ini mungkin nama Green Canyon ini berasal. Unik ya? Jika Anda sudah melihat jeram yang sempit untuk dilalui perahu, itu tandanya Anda sudah sampai di ‘mulut’ Green Canyon. Bersiaplah untuk memulai petualangan Anda!

Perpaduan dari aliran sungai Cijulang yang melintas menembus goa yang dipenuhi kemolekan stalaktit dan stalakmit serta dua bukit yang mengapitnya membuat wisata ini begitu mempesona. Ditambah lagi bebatuan cadas dan rimbunnya pepohonan seakan menjadi pelengkap keindahan alam sekaligus petualangan liburan yang menakjubkan. Sangat patut untuk dijelajahi!

Penelusuran Anda akan di mulai ketika diharuskan untuk melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepian batu. Bagi Anda yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir, dengan adanya life jacket dan ban akan membuat Anda aman mengikuti penelusuran di Green Canyon. Bahkan anak usia 6 tahun pun bisa ikut petualangan ini loh!

Foto: gogreencanyon.com

Foto: gogreencanyon.com

Cekungan dinding terjal namun indah yang berada di kanan kiri aliran sungai akan menjadi spot yang akan Anda lalui nanti. Terdapat pula dinding yang begitu unik yang berbentuk menyerupai goa yang atapnya sudah runtuh. Nikmati juga keindahan sekumpulan stalaktit yang masih meneteskan air tanah yang begitu indah. Bak lukisan Sang Pencipta yang akan memesona pandangan Anda.

Tak hanya itu, setelah beberapa ratus meter berenang Anda akan menemukan air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu mengagumkan. Anda pun akan menemukan goa yang dihuni banyak kelelawar saat meneruskan berenang sampai ke ujung aliran. Sungguh paket petulangan yang lengkap!

Green Canyon bagai perpaduan lengkap keindahan air dan alam, hal ini dapat dilihat dengan beningnya air yang kehijauan serta lekuk dinding terjal berbalut tumbuhan hijau yang begitu menawan. Nuasa alam hijau memang begitu terasa di sini, cocok sekali bagi Anda yang ingin menghilangkan penat akan kesibukan sehari-hari.

Datanglah di musim kemarau untuk menikmati keindahan air yang sesungguhnya, karena jika musim hujan terkadang aliran air berubah menjadi kecoklatan dan derasnya air akan membahayakan Anda. Bagi Anda yang gemar menyelam pun dapat mencoba sensasi menyelami aliran Green Canyon yang juga dihuni oleh ikan-ikan yang cantik.

So, tunggu apalagi? Yuk berpetualangan menyusuri Green Canyon di long weekend Anda!

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati