Wisata Indonesia

Nikmatnya Bersantai di Laguna Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

Written by Imam Widhy

Kesiniaja.com – Jogja menawarkan berbagai macam keindahan dan kenangan bagi mereka yang mengunjungi kota yang dikenal dengan jalan malioboronya ini. Ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh Jogja, salah satunya pantai yang terletak di Gunung Kidul, yaitu Pantai Wediombo.  Nah, bagikamu pecinta wisata air tentu tak boleh melewatkan kesempatan untuk bisa datang ke tempat satu ini.

Wediombo punya magnet tersendiri untuk membuat kamu berdecak kagum. Di pantai ini, kamu tak saja disajikan pemandangan biru Hindia yang berpadu serasi dengan bentangan pasir putih. Namun, laguna unik yang terkungkung karang bergunung-gunung juga bisa kamu nikmati keindahannya.

Di deretan karang sisi selatan Wediombo terdapat ceruk menyerupai laguna kecil. Nah, bagi kamu yang ingin bermain air, bisa berenang di laguna tersebut. Dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, kolam ini dikatakan aman untuk diselami tiap jengkalnya. Tapi tetap perhatikan keadaan air laut ya!

Foto: https://www.instagram.com/gatsuke72/

Sesuai dengan namanya Wediombo atau “pasir yang luas”, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup luas jika dibandingkan dengan Pantai Indrayanti atau Pantai Kukup. Untuk mencapai bibir pantai kamu harus menuruni puluhan anak tangga dari lokasi parkir kendaraan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan disini, mulai dari berenang, memancing, surfing, sewa motor trail, camping dll.

Pantai Wediombo memang dikelilingi oleh perbukitan. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai menjadikan pantai ini sejuk dan tidak gersang seperti pantai lainya yang ada di Yogyakarta. Gugusan karang yang ada di Pantai Wediombo merupakan fenomena geologi yang berasal dari batuan Gunung Api Purba.

Setiap setahun sekali, penduduk lokal mengadakan ritual ‘Ngalagi’ di Pantai Wediombo, yang mana  upacara adat ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil panen yang melimpah serta untuk memohon rejeki di tahun-tahun yang akan datang.

Bagi kamu penikmat fotografi, Pantai Wediombo kamu bisa mengasah skill-mu disini. Mau memotret ombak dengan teknik slow speed, memotret milky way, memotret senja, hingga memotret orang-orang yang sedang berselancar, semua bisa di capture dengan lensamu disini. Bagi para sunset hunter, waktu terbaik untuk berkunjung ke Wediombo adalah bulan November – Mei. Pada saat itu matahari tenggelam tepat di horizon.

Foto: info-travel-jogja.blogspot.co.id

Meningkatnya jumlah wisatawan, membuat fasilitas di Wediombo diperbarui. Jalan menuju pantai ini pun sudah cukup mulus dan terdapat papan penunjuk arah.

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Pantai ini terbilang cukup jauh jika dibandingkan pantai-pantai lainnya. Dari Yogyakarta bisa ditempuh sekitar 2,5 – 3 jam menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mencapai pantai ini kamu bisa mengikuti rute menuju Pantai Siung. Sudah ada papan penunjuk arah menuju pantai ini. Jadi bisa dipastikan perjalananmu akan semakin mudah.

Featured image: deviarassinglili

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Imam Widhy

Tujuan Jalan-Jalan adalah Perjalanannya.