Wisata Indonesia

Pantai Rancabuaya, Pantai Ekosotis di Ujung Bandung

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Pantai Rancabuana yang masih jarang dikenal dan dikunjungi ini memang kurang promosi, meski akses jalan yang sudah cukup bagus. Jadi tidak ada salahnya jika menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata kamu selanjutnya. Pantai yang pernah masuk salah satu cerita di novel perahu kertas karangan Dewi Lestari pun kerap kali menjadi salah satu alternatif masyarakat Bandung yang ingin menikmati panorama pantai.

Pantai Rancabuaya sendiri merupakan objek wisata pantai yang ada di Desa Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki ombak yang besar dan dipenuhi oleh batuan karang. Tipe pantai yang berkarang ini tidak cocok kamu jadikan lokasi untuk berenang. Tetapi pesonanya yang memukau membuat tempat ini layak kamu jadikan tujuan wisata.

 

rancabuaya-kesiniaja-yuk

Foto dari instagram @astrima_m

Daya tarik dari tempat ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar dan juga tebing batuan yang tinggi, serta adanya air terjun yang langsung menghadap ke pantai. Kebayang kan hasil foto yang akan kamu dapatkan dengan background layaknya air terjun Pantai Jogan di Jogja atau Pantai Banyutibo di Jawa Timur. Hal unik yang membuat tempat ini  adalah banyaknya ikan kecil yang terperangkap di antara karang.

Foto dari agusharis.net

Foto dari agusharis.net

Untuk masuk ke kawasan ini, kamu harus membayar retribusi sebesar Rp. 10.000,-. Difungsikan sebagai pantai pelabuhan, kamu bisa mendapatkan ikan hasil tangkapan langsung dari para nelayan atau pun warung sekitar yang menjajakannya. Sehingga kamu bisa langsung menikmati aneka olahan seafood di sini dengan membakarnya di pinggir pantai. Tidak jauh dari sini, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Santolo dan Pantai Sayangheulang.

Untuk menuju Pantai Rancabuaya, kamu dapat tempuh dengan tiga rute. Pertama, melalui Kota Garut dengan jalur Garut-Pameungpeuk-Rancabuaya. Kedua, melalui Kota Bandung dengan jalur Bandung-Pangalengan-Rancabuaya. Ketiga, melalui kawasan Bandung Selatan dengan jalur Bandung-Ciwidey-Cidaun-Rancabuay yang memakan waktu sekitar 4-5jam. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan angkutan umum berupa Elf dari terminal Kota Garut dan Pangalengan.

Pantai yang masih alami dan jauh dari polusi ini cocok banget untuk kamu yang ingin merasakan liburan dengan suasana tenang namun panoramanya tetap memukau. Penasaran? Yuk, kesini aja!

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.